KBF Indonesia dan Pertamina Gelar Pelatihan Literasi Baca-Tulis Di Tanah Papua

Kitong Bisa Foundation (KBF) Indonesia bekerja sama Bersama PT Pertamina (Persero) Melakukan Pelatihan Literasi Baca-Tulis Di Tanah Papua. Foto: Ist

PAPUA – Sebagai komitmen mengatasi rendahnya tingkat literasi Di Tanah Papua, Kitong Bisa Foundation (KBF) Indonesia bekerja sama Bersama PT Pertamina (Persero) Melakukan Kegiatan Pelatihan Literasi Baca-Tulis Di Tanah Papua. Pelatihan literasi Sebagai Regu pengajar ini resmi dibuka secara daring Di Selasa, 9 Juli 2024.

Pembukaan ini dihadiri beberapa stakeholder maupun mitra yang terlibat dan mendukung kegiatan ini yakni Staf Khusus Pemimpin Negara Bidang Perkembangan, Belajar, dan Area Terluar Billy Mambrasar, Manager CSR PT Pertamina (Persero) Dian Hapsari, Kepala Balai Penjaminan Mutu Belajar (BPMP) Provinsi Papua Junus Simangunsong.

Lalu, Staf PAUD Dikmas Dinas Belajar dan Kebudayaan Kota Jayapura Sugi Rahayu, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kabupaten Merauke Yuliastri Karim, dan Dosen PGSD FKIP Universitas Musamus Yonarlianto Tembang beserta mahasiswa Universitas Musamus.

Billy mengatakan, tingkat buta huruf Di Area-Area terluar Indonesia masih sangat tinggi. Sebagai itu, peningkatan literasi baca-tulis sangat penting Untuk Kelompok, khususnya Di Tanah Papua sekaligus mengapresiasi KBF Indonesia dan Pertamina yang telah Melakukan kegiatan ini.

“Peningkatan literasi ini penting Sebab merupakan skil pertama Di seorang manusia Di mengabsorpsi skill-skill yang lain Di Lalu hari. Sambil kalau kita melihat tingkat buta huruf Di provinsi-provinsi terluar Indonesia masih sangat tinggi. KBF Indonesia hadir Bersama Pertamina menciptakan Perkembangan-Perkembangan Sebagai Memangkas gap tersebut,” ujar Billy yang juga Duta Pembangunan Sustainability Nasional (Agenda Global).

Sebagai pendukung utama kegiatan ini, PT Pertamina Lewat Manager CSR Dian Hapsari menyampaikan kegiatan ini disambut baik Bersama Pertamina Sebab sebagai BUMN yang beroperasi Di Area Timur Indonesia. Upaya Meningkatkan Mutu Belajar Di Indonesia Timur menjadi salah satu bentuk tanggung jawab Pertamina Di melaksanakan Langkah Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.

“Pertamina mempunyai 4 Langkah tanggung jawab sosial dan lingkungan yaitu Pertamina Cerdas, Pertamina Hijau, Pertamina Sehat, dan Pertamina Berdikari. Nah, kegiatan ini salah satunya Di Pertamina Cerdas Di bidang Belajar. Kami ingin berkontribusi Di upaya anak-anak ini merupakan Penanaman Modal Asing, anak-anak ini adalah Kandidat pemimpin bangsa Supaya Pertamina ingin turut serta berperan Di mendidik dan membangun karakter anak-anak,” kata Dian Lewat Zoom.

Kepala Balai Penjaminan Mutu Belajar (BPMP) Provinsi Papua Junus Simangunsong mengatakan, semua anak-anak khususnya Di Tanah Papua Memiliki hak yang sama Di memperoleh Belajar yang berkualitas. Lewat kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan minat baca anak-anak Di Papua.

“Kita Memiliki tantangan Di Papua. Anak-anak kita masih banyak yang belum lancar Justru belum bisa membaca walaupun sudah lulus Di satuan Belajar. Bersama kegiatan bersama ini bisa menumbuhkan minat baca Untuk anak-anak yang seharusnya mereka miliki, mereka bisa membaca, bisa menulis, Supaya mereka mengenal atau memahami dunia kontekstual atau dunia nyata Di kehidupan sehari-hari, ini sangat penting,” ujar Junus.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: KBF Indonesia dan Pertamina Gelar Pelatihan Literasi Baca-Tulis Di Tanah Papua