Jangan Asal Diurut, Begini Pertolongan Pertama ketika Kaki Keseleo


Jakarta

Kaki terkilir atau keseleo terkadang menjadi salah satu masalah yang dapat mengganggu Kegiatan. Tak sedikit, Komunitas pergi Ke tukang urut Untuk mengatasi masalah Keadaan tersebut. Sebenarnya boleh nggak sih memijat atau mengurut kaki yang keseleo atau Kerusakan?

Spesialis ortopedi dr Fajar Mahda, SpOT(K), AIFO-K mengatakan bahwa area tubuh yang Merasakan Kerusakan sebaiknya tidak diberikan pijatan. Menurutnya, hal ini justru bisa membuat area yang sakit lebih trauma, Supaya Berpotensi Untuk menyebabkan bengkak yang lebih parah.

Terlebih, jika memang belum diketahui secara pasti apa yang terjadi Ke kaki pasien tersebut.


“Iya Dari Sebab Itu memang kalau diurut Kebugaran seperti itu berisiko ya. Bisa membuat cederanya itu makin bengkak, membesar, terus biru. Dari Sebab Itu ketika dipijat itu menjadi makin trauma, terus itu bisa bikin pecah pembuluh darahnya,” ucap dr Fajar ketika berbincang Didalam detikcom, Selasa (16/7/2024).

Alih-alih dibawa Ke tukang urut, dr Fajar menjelaskan ada empat tahapan yang bisa dilakukan Komunitas sebagai pertolongan pertama Ke Kerusakan keseleo. Pertolongan itu meliputi istirahat, kompres dingin, pembalutan, dan mengangkat Pada Kerusakan.

Ketika seseorang misalnya Lagi Latihan dan Merasakan keseleo, sebaiknya orang tersebut langsung beristirahat dan tidak memaksakan Untuk kembali Aktivitasfisik. Sesudah itu, sesegera Mungkin Saja melakukan kompres dingin menggunakan es.

Kompres es dilakukan Untuk menghilangkan peradangan, meredakan nyeri, dan menghentikan perdarahan.

“Kalau kena hawa dingin, pembuluh darah itu mengecil. Dari Sebab Itu perdarahannya berkurang. Kompresnya bisa sejam atau setengah jam boleh,” katanya.

Berikutnya, area keseleo dibalut Didalam perban elastis secara merata Untuk mencegah pembengkakan dan posisi area Kerusakan tinggikan ketika Di posisi rebahan. Jika keseleo terjadi Ke area kaki, bisa menggunakan bantal sebagai penyangga.

Sesudah melakukan serangkaian tahapan tersebut, dr Fajar menyarankan Komunitas Untuk sebaiknya memeriksakan Ke Ahli Kebugaran. Hal ini penting Untuk mengetahui apa yang terjadi Ke area keseleo dan menentukan bagaimana penanganan yang tepat.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Jangan Asal Diurut, Begini Pertolongan Pertama ketika Kaki Keseleo