Bisnis  

Selain Hujan, Serangan Siber Dari Sebab Itu Alasan Proyek IKN Molor

PUPR mengungkapkan selain hujan serangan siber menjadi alasan proyek IKN molor. FOTO/dok.SINDOnews

JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengakui beberapa kendala yang membuat proses pembangunan Ibu Kota Nusantara ( IKN ) menjadi terhambat. Seperti faktor cuaca, yang mana curah hujan tinggi Di IKN, hingga serangan siber Di Pusat Data Nasional Sambil (PDSN).

Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR, Abdul Muis mengatakan Bersama adanya gangguan Di server PDSN beberapa waktu lalu membuat proses lelang dan tender proyek Di IKN dilakukan secara manual. Hal ini praktis membuat proses lelang menjadi lebih lama ketimbang sistem online yang dilakukan Sebelumnya Itu.

“Kalau kita nggak segera Membahas keputusan Hingga manual, maka waktu Akansegera habis. Tentu itu Akansegera menjadikan pembangunan infrastruktur Di IKN Akansegera mundur,” ujar Abdul Muis Pada ditemui Di Kantor Kementerian PUPR, Selasa (23/7/2024).

Di kesempatan yang berbeda, Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Kementerian PUPR Danis Hidayat Sumadilaga mengatakan tantangan utama Untuk penyelesaian konstruksi Di Ibu Kota Nusantara Yang Berhubungan Bersama permasalah cuaca.

Misalnya saja, Untuk proses pemasangan atap-atap atau pekerjaan yang berada Di Pada atas proyek, cukup rawan dikerjakan ketika masuk musim hujan. Setelahnya Itu pengerjaan pengaspalan juga sulit dilakukan ketika hujan datang.

“Masalahnya ini saja, hujan, kan itu Di ketinggian, ada (potensi) hujan dan petir, tapi mudah-mudahan pekerjaan bisa selesai sesuai target,” ujar Danis (5/7).

Senada, Pembantu Ri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pembangunan bandara VVIP Di Ibu Kota Nusantara (IKN) terkendala masalah hujan. Supaya Karya konstruksi kurang optimal dikerjakan.

Dijelaskan Menhub, Bersama total 30 hari, terhitung hanya 8 hari yang cerah Di kawasan IKN. Jika Kemakmuran ini terus terjadi, lanjut dia, target pembangunan sejumlah fasilitas Bandara IKN Berpeluang mundur Bersama Ide awal.

“Perlu diketahui, curah hujan Di Area Kalimantan Timur cukup tinggi Untuk satu bulan terakhir, Justru hanya delapan hari cuaca cerah. Maka Itu modifikasi cuaca menjadi keharusan,” ujar Menhub.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: Selain Hujan, Serangan Siber Dari Sebab Itu Alasan Proyek IKN Molor