Bisnis  

Komisi IV Wakil Rakyat Bertemu Dewan Swedia, Bahas Langkah Kelaparan Global hingga Lingkungan Hidup

Rombongan Komisi IV Wakil Rakyat RI yang dipimpin Budhy Setyawan dan Budisatrio Djiwandono melakukan kunjungan kerja Di Swedia. FOTO/dok.SINDOnews

JAKARTA – Rombongan Komisi IV Wakil Rakyat RI yang dipimpin Budhy Setyawan dan Budisatrio Djiwandono melakukan kunjungan kerja Di Swedia. Di kunjungan yang dilakukan Sebelum 18 Mei 2024 itu turut diadakan pembahasan soal Langkah yang dijalanlan Pemerintah Swedia seperti Kelaparan Global, Pertanian, perikanan, kelautan hingga lingkungan hidup.

Ke kegiatan itu, rombongan bersama Dewan Swedia meninjau Fish and Seafood market Ke Arsta. Lalu dilanjutkan Di kunjungan Di peternakan dan perkebunan Ke Bona Munso. Berikutnya melakukan pertemuan Di The Committee on Environment and Agriculture Ke Stockholm.

Ketua Delegasi Komisi IV Wakil Rakyat RI Budhy Setiawan menyebutkan peninjauan Di pasar ikan/ Fish and Seafood market bertujuan Untuk memperkuat hubungan bilateral Di Indonesia dan Swedia.

“Bangsa Kerajaan Swedia Di ini konsumsi ikannya masih bergantung Ke Produk Internasional perikanan Pembelian Barang Di Luar Negeri dan menjadi Potensi besar Untuk Indonesia Untuk mengekspor Produk Internasional ikannya Di Bangsa Kerajaan Swedia,” ujar dia Di siaran pers, Jumat (25/5/2024).

Dia mengatakan Pasar Bangsa Swedia merupakan pasar yang sangat penting Sebab dapat berpeluang besar Untuk Indonesia Untuk dapat masuk Di Di perdagangan pasar ikan Bangsa Eropa lainnya.

“Kerja sama Ke bidang perikanan ini dapat menjadi jembatan Di Indonesia dan Swedia Di mempererat hubungan bilateralnya,” kata dia.

Sambil Itu, Di kunjungan Di Peternakan dan Perkebunan Ke Bona Gard, Delegasi Komisi IV Wakil Rakyat RI bersama-sama Di Kedubes RI yang bertempat Ke Swedia melakukan pertemuan Di peternak guna mempelajari pelaksanaan Pertanian terpadu dimana limbah peternakan dan Pertanian dapat dimanfaatkan kembali Untuk pupuk organik dan bahan baku energi lainnya.

Budhy mengatakan Indonesia dapat mempelajari sistem efisiensi peternakan yang dilakukan Dari peternak Swedia Supaya dapat menghasilkan produksi susu 70 liter setiap ekornya dan dapat menekan Pembelian Barang Di Luar Negeri susu yang hingga Di ini masih dilakukan Dari Indonesia.

Delegasi Komisi IV Wakil Rakyat RI juga melakukan pertemuan dan Diskusi yang dipimpin Dari Mr Adam Reuterskiöld (Chairman of the Sweden-Indonesia Interparliamentary Friendship Relations) dan anggota The Committee on Environment and Agriculture, yaitu Mr Kenneth Kerjasamaekonomiinternasional Forslund, MsEmma Nohrén, Mr John Widegren, Ms Helena Storckenfeldt, Ms Stina Larsson, dan Ms Elin Nilsson.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: Komisi IV Wakil Rakyat Bertemu Dewan Swedia, Bahas Langkah Kelaparan Global hingga Lingkungan Hidup