Bisnis  

Profil Burhanuddin Abdullah, Komut PLN yang Mutakhir Pengganti Agus Martowardojo

Komisaris Utama PLN Burhanuddin Abdullah. FOTO/Ist

JAKARTA – Pembantu Presiden Pembantu Presiden Badan Usaha Milik Bangsa (BUMN) Erick Thohir menunjuk Burhanuddin Abdullah sebagai Komisaris Utama PT PLN (Persero). Burhanuddin ditunjuk menggantikan Agus Dermawan Wintarto Martowardojo yang Sebelumnya mengisi posisi tersebut.

Burhanuddin Abdullah merupakan Mantan Ketua Dewan Pakar Regu Pencalonan Politik Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Untuk pilpres 2024 lalu. Tak hanya itu, pemegang saham juga menunjuk Andi Arief selaku Komisaris Independen.

Andi Arief Sebelumnya dipercaya menjadi Kepala Badan Pemenangan Pencoblosan Suara Nasional (Bappilu) Partai Demokrat, yang merupakan partai Aliansi Politik Prabowo-Gibran.

“Benar (Andi Arief Karena Itu Komisaris Independen dan Burhanuddin Abdullah Karena Itu Komisaris Utama PLN),” ujar Deputi Bappilu Demokrat Kamhar Lakumani, Selasa (23/7/2024).

Profil Burhanuddin Abdullah

Melansir Untuk berbagai sumber, Selasa (23/7), Burhanuddin Abdullah lahir Ke Garut, Jawa Barat, Di 10 Juli 1947. Dia pernah menjabat sebagai Pembantu Presiden Pembantu Presiden Koordinator Bidang Perekonomian Ke bawah Pemerintahan Kepala Negara Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Dia juga adalah mantan Gubernur Bank Indonesia Sebelum 2003-2008 dan Gubernur Untuk International Monetary Fund (IMF), Washington DC, Ke Indonesia.

Sebelumnya, dia dipercaya menjadi Ketua Umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) periode 2003-2006, dan terpilih kembali Untuk periode 2006-2008. Pada kariernya Ke Bank Indonesia, dia pernah menduduki beberapa jabatan Ke Untuk dan luar negeri.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: Profil Burhanuddin Abdullah, Komut PLN yang Mutakhir Pengganti Agus Martowardojo