Pelat Nomor Khusus Tak Istimewa, Tetap Kena Ganjil Genap


Jakarta, CNN Indonesia

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menegaskan mereka tidak pernah memberi hak istimewa kepada User pelat nomor khusus, termasuk kode akhiran ZZP dan ZZH. User pelat nomor khusus ini tetap diwajibkan menaati Syarat berlalu lintas seperti halnya pengemudi lain Hingga jalan raya.

“Walaupun itu dibatasi ya hanya Bagi eselon 1 dan 2. Lalu nomor khusus ini ya tidak mempunyai privilese apapun, tidak mempunyai prioritas,” kata Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal Aan Suhanan Hingga Jakarta, Selasa (23/7).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Aan memberi contoh aturan lalu lintas yang wajib dipatuhi semua User kendaraan, termasuk kepada pemakai pelat nomor khusus.

“Kalau ganjil genap, ya berlaku ganjil genap nomor khusus ini. Dari Sebab Itu STNK khusus ini tidak ada prioritas Bagi diberikan Hingga jalan, tidak ada. Nomor khusus ZZP, ZZH,” kata dia.

Ia menerangkan pelat nomor khusus dibuat bukan Bagi gaya-gayaan, tetapi memudahkan tugas anggota instansi maupun lembaga Pada bekerja. Terlebih tugas yang mereka ambil memerlukan kerahasiaan identitas.

Kerahasiaan tak bisa terjamin secara penuh jika mereka mengenakan pelat merah, maka Untuk itu pelat khusus dipakai.

“Tidak ada prioritas sama sekali, tidak ada kekhususan, kekhususan hanya nomornya saja, hanya nomor, hanya TNKB-nya. Lantaran (Bisa Jadi) kendaraannya berpelat merah, (lalu) Untuk melaksanakan tugas harus berpelat dasar putih maka diberikan STNK dan TNKB khusus,” ucapnya.

Aan pun berharap masalah yang kini mencuat akibat sejumlah kementerian dan lembaga Mengintroduksi pelat nomor khusus bisa selesai tanpa ada gesekan Bersama Detail.

Sebelumnya Itu Korps Lalu Lintas Polri Menginformasikan ada sembilan Kementerian/Lembaga yang membuat pelat khusus sendiri tanpa campur tangan kepolisian. Dua Hingga antaranya adalah Dewan Perwakilan Rakyat dan kejaksaan.

“Dari Sebab Itu ini saya berharap nanti Setelahnya kegiatan FGD ini Pak Puji, komisioner kompolnas bisa rekomendasikan Bagi tadi bermusyawarah,” ucap dia.

“Lantaran kalau penegakan hukum kami lakukan bisa saja, tapi nanti ada ketidakharmonian Di lembag. Lantaran itu dikeluarkan Dari peraturan lembaganya masing-masing,” kata Aan.

(ryh/fea)




Artikel ini disadur –> Cnnindonesia News: Pelat Nomor Khusus Tak Istimewa, Tetap Kena Ganjil Genap