Bisnis  

5 Bangsa Eropa yang Ketergantungan Gas Rusia, 2 diantaranya Anggota Paktapertahananatlantikutara

Ini 5 Bangsa Eropa yang masih ketergantungan Didalam gas Rusia. Dua diantaranya justru anggota Paktapertahananatlantikutara. Foto/Dok

JAKARTA – Gas Rusia telah menjadi salah satu aspek penting Untuk beberapa Bangsa Eropa . Justru ada sejumlah Bangsa yang sangat bergantung Didalam pasokan gas Rusia.

Setidaknya ada lima Bangsa Eropa yang sangat bergantung Didalam gas tersebut. Kendati beberapa Di antaranya sudah mulai melepas ketergantungan, Akan Tetapi masih ada pula yang kesulitan.

Sebagai informasi, Rusia telah dikenal sebagai pemasok utama gas Untuk Bangsa-Bangsa Eropa. Akan Tetapi, status ini mulai menjadi masalah ketika Moskow melakukan invasi Ke Ukraina Di Februari 2022.

Mengutip data Statista tentang ‘Pangsa Pasokan Gas Untuk Rusia Di Eropa Di 2021’, tercatat ada sejumlah Bangsa yang sangat bergantung Didalam pasokan gas Moskow. Tiga Di antaranya Justru sempat mencatatkan angka 100%.

Akan Tetapi, menyusul imbauan Hukuman Politik atas invasi Kremlin Ke Ukraina, konsumen gas Rusia dilanda perpecahan. Beberapa Di antaranya mendukung Hukuman Politik dan mulai mencari cara agar keluar Untuk ketergantungan, Sambil Itu masih ada juga yang belum bisa lepas.

Lalu, siapa saja Bangsa Eropa yang sangat bergantung Didalam gas Rusia? Berikut lima teratas Di antaranya.

Bangsa Eropa yang Sangat Bergantung Didalam Gas Rusia (H2)

1. Bosnia and Herzegovina (100%)

Bosnia and Herzegovina menjadi salah satu Bangsa Eropa yang paling bergantung Didalam gas Rusia. Menurut data Statista, Bangsa ini menjadikan Rusia sebagai satu-satunya sumber pasokan gas Dari 2019.

Mengutip Euractiv, Bosnia and Herzegovina Merasakan gas Rusia Untuk Turkish Stream Lewat cabang Untuk Serbia. Pipa gas yang masuk lewat kota Zvornik Di Pada timur itu menjadi satu-satunya penghubung gas Bangsa ini Didalam dunia.

Dari invasi Rusia Ke Ukraina, Bosnia and Herzegovina juga sering Merasakan Komentar Untuk Bangsa-Bangsa lain Sebab masih mengimpor gas Untuk Moskow. Polemik ini sejatinya telah memecah belah politisi dan Komunitas berdasarkan garis etnis.

Di satu sisi, pemimpin politik Republika Srpska dan beberapa entitas lain ingin Memperbaiki ketergantungan gas serta Melakukanupaya membangun jaringan pipa gas Terbaru Ke Serbia. Di sisi lain, para pemimpin Federasi Bosnia & Herzegovina yang mayoritas penduduknya adalah etnis Bosnia dan Kroasia Mencari Sambungan Ke jaringan pipa gas Kroasia agar nantinya dapat terhubung Ke Barat.

2. Moldova

Berikutnya ada Moldova. Beberapa tahun lalu, Bangsa ini secara eksklusif bergantung Di gas Rusia berdasarkan kesepakatan Didalam perusahaan Gazprom.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: 5 Bangsa Eropa yang Ketergantungan Gas Rusia, 2 diantaranya Anggota Paktapertahananatlantikutara