Apakah Air Keran Direbus Aman Dikonsumsi Setiap Hari? Begini Kata Praktisi Medis Gizi


Jakarta

Kebutuhan Berencana air sangat penting Untuk manusia. Air yang dikonsumsi tentunya harus bersih dan aman Di berbagai paparan bakteri atau kuman.

Beberapa Kelompok Indonesia mengonsumsi air yang berasal Di keran atau sumur yang Setelahnya Itu direbus. Banyak orang meyakini bahwa Di merebus air dapat membunuh kuman atau bakteri Di air, Supaya layak Sebagai diminum.

Spesialis gizi sekaligus Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG) dr Diana Sunardi, MGizi, SpGK(K), mengatakan air keran yang direbus tidak menjamin sepenuhnya bebas Di bakteri, parasit, kuman, maupun logam berat.


dr Diana mengatakan sulit Sebagai memastikan paparan kuman dan parasit Di air bisa mati hanya Di merebusnya.

“Memang Organisasi Keadaan Dunia (WHO) menyarankan Sebagai merebus air, Tetapi, merebus itu juga waktunya 15 menit Sebagai mematikan kuman dan bakteri,” jelas dr Diana Di Kegiatan AQUA Media Trip Hingga Klaten, Jawa Ditengah, Selasa (23/7/2024).

“Di suhu tertentu juga kan, harus 100 derajat celcius, (direbus) sekian lama sampai bakteri mati,” lanjutnya.

Menurutnya, paparan yang paling sulit Sebagai dimusnahkan adalah parasit. Itu Berencana membutuhkan waktu yang lebih lama Sebagai dimusnahkan Sebab parasit Memiliki seperti kapsul pelindung.

Tak hanya itu, paparan logam berat juga berbahaya Untuk Keadaan. dr Diana mengatakan paparan ini tidak Berencana bisa hilang hanya Di merebus air saja.

“Kontaminan itu bisa Di bahan-bahan kimia yang mengandung logam berat dan cemaran lingkungan. Itu nggak Berencana hilang Di perebusan masalahnya. Logam-logam berat itu seringkali memicu kanker,” tuturnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Apakah Air Keran Direbus Aman Dikonsumsi Setiap Hari? Begini Kata Praktisi Medis Gizi