7 Makanan yang Baik Sebagai Kesejaganan Jantung, Lezat dan Mudah Didapatkan

Jakarta

Gangguan jantung Di ini bukan hanya menyerang orang lanjut usia, tetapi juga para dewasa muda yang masih produktif. Gangguan jantung tidak Memiliki tanda dan Tanda-Tanda Agar disebut Di ‘silent killer’. Salah satu penyebab meningkatnya seseorang Merasakan resiko Gangguan jantung adalah pola hidup yang tidak sehat. Makanan yang tidak sehat dapat menyebabkan penumpukan plak Di arteri Agar Mengurangi aliran darah Ke jantung.

Pengurangan aliran darah inilah yang Berencana memicu Tanda-Tanda sakit jantung seperti nyeri dada dan sesak napas. Jika dibiarkan, Situasi ini dapat menyebabkan serangan jantung atau henti jantung mendadak yang bisa mengancam nyawa.

Karenanya memperbaiki pola hidup merupakan hal yang sangat penting. Mengatur pola makan dan Life Style menjadi lebih sehat merupakan senjata terbaik Sebagai melawan Gangguan jantung. Lantas, apa saja Makanan yang baik Sebagai jantung tersebut? Dikutip Di Healthline dan WebMD, berikut daftarnya.


1. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau, seperti bayam, kangkung, dan sawi hijau termasuk Makanan yang baik Sebagai jantung. Pasalnya, sayuran tersebut mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik Sebagai Kesejaganan dan menangkal Gangguan.

Sayuran berdaun hijau juga cenderung kaya Berencana vitamin K. Vitamin ini dapat membantu melindungi arteri dan Meningkatkan proses pembekuan darah.

Di Itu, kandungan nitrat yang ada Di sayuran hijau terbukti dapat menurunkan tekanan darah, Mengurangi kekakuan pembuluh darah, serta Meningkatkan fungsi sel yang melapisi pembuluh darah.

2. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh (whole grains) adalah biji-bijian yang masih Memiliki bran atau kulit luar, germ atau lembaga, dan endosperma. Adapun jenis Makanan yang termasuk biji-bijian utuh Di antaranya gandum, sorgum, quinoa, oat, dan beras coklat.

Studi Menunjukkan konsumsi biji-bijian utuh dapat menurunkan risiko Gangguan jantung koroner Disekitar 10-25 persen. Beberapa Studi serupa juga menemukan mengonsumsi lebih banyak biji-bijian utuh dapat Menyediakan manfaat Untuk Kesejaganan jantung.

American Heart Association juga merekomendasikan biji-bijian utuh Sebagai Mengurangi risiko Gangguan stroke dan sindrom metabolik.

3. Buah beri

Buah beri, seperti stroberi, blueberry, blackberry, dan raspberry kaya Berencana Gizi yang berperan penting Untuk Kesejaganan jantung.

Buah beri Memiliki kandungan antioksidan tinggi, seperti antosianin, yang dapat melindungi Di Tekanan oksidatif. Tekanan oksidatif dapat memicu peradangan yang Lalu Meningkatkan risiko Gangguan jantung.

Mengonsumsi buah beri secara rutin juga terbukti dapat Meningkatkan fungsi sel-sel yang melapisi pembuluh darah, mengendalikan tekanan darah, dan mendukung pembekuan darah. Inilah alasan mengapa buah beri termasuk Makanan yang baik Sebagai jantung.

4. Alpukat

Alpukat dikenal sebagai salah satu buah yang mengandung lemak sehat paling tinggi. Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal, jenis lemak yang telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol serta Mengurangi risiko Gangguan jantung.

Studi Menunjukkan mengonsumsi setidaknya dua alpukat setiap minggu dapat menurunkan risiko Gangguan kardiovaskular sebesar 16 persen, dan penurunan risiko Gangguan jantung koroner sebesar 21 persen.

Alpukat juga mengandung kalium yang berperan penting Di menjaga kestabilan tekanan darah.

5. Ikan

Ikan berlemak, seperti salmon, tuna, dan sarden mengandung asam lemak omega-3 yang terbukti bermanfaat Sebagai jantung.

Asam lemak omega-3 Memiliki dapat mencegah risiko Gangguan jantung, serta menurunkan risiko Gangguan kardiovaskular dan aritmia.

Tak hanya itu, konsumsi ikan Di jangka panjang juga dikaitkan Di penurunan kadar kolesterol, trigliserida, dan gula darah.

6. Kacang-kacangan

Makanan yang baik Sebagai jantung Berikutnya adalah kacang-kacangan. Kacang, seperti almond, walnut, dan kenari dapat membantu Mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL.

Sebuah Studi juga menemukan konsumsi kacang-kacangan dapat Meningkatkan kontrol glikemik dan tekanan darah, serta Mengurangi risiko Gangguan kardiovaskular terutama Di pengidap diabetes.

7. Coklat hitam

Percaya atau tidak, coklat hitam juga termasuk Makanan yang baik Sebagai jantung. Coklat hitam mengandung antioksidan tinggi, seperti flavonoid, yang sudah terbukti dapat Meningkatkan Kesejaganan jantung.

Studi menemukan mengonsumsi coklat hitam setidaknya Di jumlah Di, atau Disekitar enam porsi Di seminggu dapat menurunkan risiko Gangguan jantung koroner, stroke, dan diabetes.

Perlu diingat, coklat hitam tetap Memiliki kalori dan kadar gula yang cukup tinggi. Karenanya, pastikan Sebagai memilih coklat Di kandungan kakao minimal 70 persen. Hindari pula mengonsumsi coklat yang sudah ditambahkan gula, susu, atau pemanis lainnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 7 Makanan yang Baik Sebagai Kesejaganan Jantung, Lezat dan Mudah Didapatkan