5 Cara Mengatasi Gangguan Narcissistic Personality Disorder

Narcissistic Personality Disorder (NPD) merupakan salah satu jenis gangguan kepribadian yang paling banyak dialami Dari Komunitas Indonesia. Foto Ilustrasi/Freepik

JAKARTA – Narcissistic Personality Disorder (NPD) merupakan salah satu jenis gangguan kepribadian yang paling banyak dialami Dari Komunitas Indonesia.

Dikutip Didalam Jurnal Studi Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, NPD merupakan gangguan kepribadian yang selalu membayangkan seseorang lebih hebat daripada orang lain dan layak Untuk dipuji ataupun dihormati. Gangguan NPD biasanya tidak Berencana melihat Didalam sudut pandang atau pendapat orang lain, dan menganggap dirinya paling benar Hingga Untuk suatu kelompok tertentu.

Pengidap gangguan NPD sangat khas Didalam rasa Kepercayaan Diri yang tinggi, tetapi sangat sensitif Di kritikan atau masukan. Lantaran itu, seseorang yang Merasakan gangguan NPD dapat dipastikan tidak mempunyai rasa empati Di sesamanya.

Perlu diketahui, seseorang yang mengidap gangguan NPD tidak Berencana merasa bahwa dirinya Lagi Merasakan gangguan tersebut. Kondisinya mirip Didalam kepercayaan diri, tetapi rasa Kepercayaan Diri cenderung mengarah Hingga hal positif yang terbentuk Didalam Mutu dan pencapaian seseorang. Sedangkan NPD mengarah Hingga hal negatif yang terbentuk Didalam suatu ketakutan ketika kelemahan dirinya diketahui Dari orang lain.

Walaupun NPD Dikatakan tidak terlalu berbahaya, tetapi kita perlu Untuk mencegah diri Didalam gangguan tersebut. Simak cara mengatasi gangguan NPD berikut ini.

Cara Mengatasi Gangguan NPD

1. Memahami Gangguan NPD

Seperti penjelasan Hingga atas, pengidap NPD tidak Berencana merasa dirinya terkena gangguan kepribadian NPD. Sebab itu, perlu Untuk mengetahui kelemahan diri dan mengatur ekspektasi orang lain Agar tidak terjadi gangguan tersebut.

2. Kurangi Validasi, Fokus Di Pencapaian

Pengidap NPD umumnya ingin mencari validasi atau pengakuan Didalam orang lain bahwa dirinya hebat dan akhirnya Merasakan pujian yang berlebihan. Dari Sebab Itu, fokus saja Di pencapaian yang mengarah Hingga positif yang dapat mendukung Mutu diri sendiri.

3. Prioritaskan Diri Sendiri Dibandingkan Orang Lain

Hal ini menjadi salah satu Nilai penting Untuk mengatasi NPD. Lantaran Didalam menaruh ekspektasi tinggi ketika mengutamakan orang lain, hanya Berencana mengakibatkan terkurasnya energi. Lantaran itu, memprioritaskan diri sendiri penting Untuk diperhatikan sebagai salah satu cara mengatasi NPD.

4. Hubungi Ahli NPD

Ketika Anda sudah Hingga tahap yang tidak bisa dibantu, segera hubungi ahli-ahli NPD Agar Anda Berencana Merasakan pertolongan secara profesional Didalam ahli tersebut.

5. Menjaga Kebugaran Emosi Diri

Pengidap gangguan NPD biasanya menutupi emosinya kepada orang lain Didalam tujuan Untuk mencari keuntungan diri sendiri. Lantaran itu, penting Untuk tetap Untuk Kebugaran Tenteram dan tidak terprovokasi Dari orang-orang Di.

Itulah informasi tentang cara mengatasi gangguan Narcissistic Personality Disorder. Semoga bermanfaat. MG/Bramcov Stivens Situmeang

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: 5 Cara Mengatasi Gangguan Narcissistic Personality Disorder