5 Konsumsi yang Sebaiknya Dibatasi Untuk Cegah Nyeri Asam Urat

Jakarta

Nyeri akibat asam urat merupakan salah satu bentuk radang sendi yang disebabkan Didalam penumpukan kristal asam urat Untuk sendi. Nyeri yang timbul biasanya terjadi secara tiba-tiba dan terasa cukup parah.

Rasa nyeri biasanya muncul Ke area pergelangan kaki, lutut, ataupun tangan.

Kemakmuran ini rupanya dapat sangat berpengaruh Ke jenis Konsumsi yang dikonsumsi. Walaupun Pola Makan asam urat tidak serta merta menjadi ‘Terapi’, cara ini bisa menjadi langkah sederhana Untuk menurunkan risikonya.


Ke prinsipnya, Pola Makan asam urat dilakukan juga Untuk mengelola berat badan ideal. Kelebihan berat badan juga dapat Meningkatkan risiko masalah asam urat.

Dikutip Untuk Mayo Clinic, Memangkas jumlah kalori dan menurunkan berat badan dapat membantu menurunkan kadar asam urat dan menurunkan jumlah serangan nyeri akibat asam urat. Berat badan ideal juga dapat Memangkas beban sendi Ke Umumnya.

Di Itu, pola makan ini juga menekankan karbohidrat kompleks dan Memangkas lemak. Karbohidrat kompleks bisa didapatkan Untuk buah, sayuran, hingga biji-bijian utuh. Pilihlah sumber protein rendah lemak Di Untuk mencegah masalah serangan nyeri akibat asam urat.

Beberapa jenis Konsumsi dan minuman yang juga disarankan Untuk menurunkan risiko asam urat seperti susu skim, buah ceri, Minuman, memperbanyak air putih, serta buah dan sayur rendah purin.

Berikut ini adalah beberapa Konsumsi yang sebaiknya dibatasi Untuk mencegah nyeri sendi akibat asam urat:

1. Jeroan

Batasi konsumsi jeroan seperti hati, ginjal, usus yang Memiliki kadar purin tinggi. Kandungan tersebut berkontribusi besar Di kadar asam urat darah yang tinggi.

2. Daging Merah

Daging merah berisiko memicu kambuhnya asam urat adalah Lantaran ia termasuk Konsumsi yang mengandung purin tingkat tinggi. Agar konsumsinya disarankan dibatasi Untuk mencegah nyeri asam urat.

3. Seafood

Beberapa jenis Konsumsi laut seperti ikan teri, kerang, sarden, dan tuna Memiliki kandungan purin tinggi dibandingkan Didalam jenis lainnya. Akan Tetapi, perlu diingat manfaat konsumsi ikan lebih besar dibandingkan Didalam risikonya.

Karenanya, tetap konsumsi Didalam jumlah yang normal agar masih bisa Merasakan manfaat Untuk Konsumsi laut.

4. Alkohol

Minuman beralkohol kerap dikaitkan Didalam peningkatan risiko asam urat dan serangan nyeri yang berulang. Sebaiknya hindari alkohol Di Merasakan serangan nyeri akibat asam urat, khususnya bir.

5. Konsumsi dan Minuman Manis

Gula yang mengandung fruktosa dapat terurai menjadi asam urat. Konsumsi atau minuman apapun Didalam kandungan gula yang tinggi dapat memicu masalah asam urat.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 5 Konsumsi yang Sebaiknya Dibatasi Untuk Cegah Nyeri Asam Urat