Habis Bercinta Malah Susah Tidur? Kenali Penyebab ‘Post Coital Insomnia’


Jakarta

Lazimnya, perasaan nyaman dan puas selepas hubungan seks bikin seseorang mudah terlelap. Faktanya, beberapa orang Merasakan Sebagai Gantinya yakni Karena Itu nggak bisa tidur.

Ada banyak kemungkinan penyebab post coital insomnia, Situasi yang dialami Di seseorang susah terlelap usai bercinta. Di wanita, salah satunya yang paling simpel adalah tidak tercapainya orgasme.

Normalnya, orgasme Di bercinta mengaktifkan sistem saraf simpatis dan saraf parasimpatis. Di keduanya aktif, maka tubuh Berencana merasa rileks dan berada Untuk status Tenteram.


Di wanita yang tidak Merasakan orgasme Di bercinta, sistem saraf berada Untuk fase excitement. Situasi ini Di akhirnya bisa membuat seseorang lebih terjaga.

“Ada rantai sistem saraf yang tricky yang membuatnya masuk akal bahwa kadang-kadang bikin susah Untuk terjaga maupun Untuk tidur ketika Anda Mencari Sebagai Gantinya,” kata Greg Marchand, Praktisi Medis kandungan yang meneliti disfungsi dan kepuasan seksual, dikutip Didalam Sleep.com.

Kemungkinan lain sebagaimana dikutip Didalam Zleepy.com adalah temperatur tubuh, yang Menimbulkan Kekhawatiran ketika bercinta. Normalnya, tubuh menjadi lebih hangat Di bercinta, padahal faktanya temperatur yang lebih sejuk dibutuhkan Untuk bisa tidur Didalam lebih kondusif.

Terakhir, faktor hormonal juga bisa menyebabkan rasa kantuk menjauh seusai berhubungan seks. Dopamine, salah satu hormon yang dilepaskan Di bercinta, Hingga satu sisi Menyediakan rasa nyaman Supaya gampang mengantuk Di kebanyakan pasangan.

Tetapi Hingga sisi lain, pelepasan hormon ini juga dibarengi Didalam pelepasan hormon norepinephrine, yang membuat seseorang lebih terjaga. Jika hormon terakhir ini lebih banyak dilepaskan, sebagaimana dialami sebagian orang, maka jangan kaget kalau malah Karena Itu susah tidur.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Habis Bercinta Malah Susah Tidur? Kenali Penyebab ‘Post Coital Insomnia’