Bukan Cuma Di Dada, Nyeri Di Dibagian Tubuh Ini Juga Bisa Di Sebab Itu Tanda Gangguan Jantung


Jakarta

Tanda-Tanda Gangguan jantung bisa berbeda-beda Di setiap orang. Salah satunya yang paling sering dialami adalah nyeri Di Dibagian dada.

Praktisi Medis spesialis jantung dan pembuluh darah Di RSPI Pondok Indah Puri Indah, dr Johan Winata, SpJP, Subsp, KI(K), menjelaskan nyeri dada bisa disebabkan banyak faktor. Sebab, Di Dibagian tersebut meliputi banyak organ, seperti kulit, otot, tulang, saluran cerna, dan jantung.

Umumnya, nyeri dada Lantaran jantung Berencana muncul Pada melakukan Karya berat. Misalnya seperti berlari, naik tangga, atau melakukan Karya berat.


“Nyeri dada Lantaran jantung biasanya disebabkan adanya sumbatan Di pembuluh darah. Pada jantung butuh suplai darah yang lebih banyak dan ada sumbatan, Berencana memicu nyeri dada, terutama Pada jantung bekerja lebih berat,” jelas dr Johan Di temu media Di Jakarta Selatan, Senin (27/5/2024).

“Bisa juga nyeri dada Pada nggak ngapa-ngapain, tapi rasanya heboh. Muncul nyeri dada ini bisa disertai keringat dingin dan sesak napas, itu patut dicurigai serangan jantung,” sambungnya.

dr Johan menjelaskan nyeri dada yang muncul Lantaran Gangguan jantung bisa berbeda-beda, baik Standar maupun lokasinya. Umumnya, nyeri dada Lantaran jantung Berencana terasa seperti ditekan benda berat, ditusuk-tusuk, terbakar, atau seperti diremas.

Tetapi, lokasi munculnya nyeri itu tidak hanya bisa terjadi Di Dibagian dada saja.

“Lokasinya paling banyak Di dada Dibagian Ditengah. Bisa menjalar Di lengan kiri, bisa menembus Di Dibelakang, menjalar Di leher,” tutur dr Johan.

“Bisa juga nyerinya Di ulu hati seperti orang sakit maag, nyeri Di rahang, leher, lengan kiri, adanya juga yang cuma Di jari kelingking. Misalnya, jari kelingkingnya nyeri Pada kita naik tangga tiga lantai, dan Berencana hilang Pada beristirahat,” lanjut dia.

Meski begitu, nyeri yang terjadi Di ulu hati bisa disebabkan banyak hal, seperti maag dan GERD. Sebagai memastikannya, dr Johan menganjurkan Sebagai segera melakukan pemeriksaan Di Praktisi Medis.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Bukan Cuma Di Dada, Nyeri Di Dibagian Tubuh Ini Juga Bisa Di Sebab Itu Tanda Gangguan Jantung