5 Kebiasaan Pipis Ini Sering Dilakukan, Ternyata Bisa Karena Itu Gangguan!

Jakarta

Pipis atau buang air kecil adalah mekanisme tubuh Sebagai Mengintroduksi zat-zat kotoran Didalam tubuh. Pipis juga dilakukan Sebagai Mengintroduksi air yang tidak dibutuhkan agar tubuh tidak kelebihan air.

Meski sudah Karena Itu rutinitas sehari-hari, ada beberapa kebiasaan pipis yang ternyata tidak baik Sebagai Keadaan. Mungkin Saja beberapa Didalam kita sering melakukan kebiasaan-kebiasaan berikut, baik secara sadar ataupun tidak.

Kebiasaan Pipis yang Tidak Sehat

Dikutip Didalam situs resminya, ahli terapi fisik Dr. Mae Hughes memaparkan beberapa kebiasaan pipis yang perlu dihindari Sebab bisa memicu masalah Keadaan.


1. Menahan Pipis

Kebiasaan pertama yang sering dilakukan sebagian orang adalah sering menahan pipis. Terkadang kita terpaksa menahan pipis Sebab kesibukan.

Padahal, menahan pipis adalah kebiasaan yang tidak baik. Mengutip Medical News Today, menahan pipis bisa mengakibakan hal-hal berikut.

  • Urinary tract infection (UTI)
  • Sakit Ke ginjal atau kandung kemih
  • Batu ginjal
  • Kerusakan Ke otot dasar panggul
  • Kandung kemih merenggang.

2. Ngeden Keras

Ngeden atau mengejan keras Pada pipis bukanlah Situasi normal. Mengutip Kasraeian Urology, sulit pipis Supaya harus ngeden bisa disebabkan Dari Situasi hiperplasia prostat jinak yang menyebabkan prostat membengkak. Pembengkakan ini bisa menekan dan menyempitkan uretra Supaya urine sulit keluar.

3. Keseringan Pipis

Menahan pipis adalah kebiasaan pipis yang buruk, tetapi terlalu sering pipis juga merupakan kebiasaan yang tidak baik. Beberapa orang Mungkin Saja terbiasa pipis meski tidak merasa ingin pipis hanya Sebagai berjaga-jaga, misalnya jika ingin bepergian jauh atau ingin pergi Ke tempat yang tidak ada toilet.

Menurut Informed Health, kandung kemih bisa menampung 500 mililiter urine Sebagai wanita dan 700 mililiter Sebagai pria. Orang mulai merasa ingin pipis Pada kandung kemih menampung 150-250 mililiter urine.

Tetapi, kebiasaan pipis hanya Sebagai berjaga-jaga ini membuat kita mengosongkan kandung kemih Sebelumnya terkirim sinyal Ke otak bahwa kandung kemih perlu dikosongkan. Kita pun mengosongkan kandung kemih Sebelumnya mencapai kadar 150-250 mililiter urine tersebut.

Hal ini membiasakan kandung kemih menjadi terlalu aktif. Ke umumnya, pipis 5 sampai 8 kali adalah tanda kandung kemih yang sehat.

4. Pipis Terburu-buru

Bagi orang-orang sibuk Didalam kehidupan serba cepat, mereka Mungkin Saja sering pergi Ke toilet Sebagai pipis Didalam cepat dan terburu-buru, Supaya urine Masuk cepat.

Pada pipis, otot panggul seharusnya berelaksasi Supaya sfingter uretra terbuka Didalam benar. Hal ini terjadi secara natural jika Lagi pipis. Kita tak perlu memaksa urine keluar Didalam cepat agar tidak menambah tekanan Ke otot panggul.

Kebiasaan ini perlu dihentikan, sebab terlalu banyak tekanan Ke otot panggul mampu mengakibatkan ambeien.

5. Jongkok Ke Atas Bibir Toilet Duduk

Jika pipis Ke toilet umum, sebagian orang Mungkin Saja tidak mau langsung menduduki bibir toilet Sebab khawatir bibir toilet tidak dibersihkan Didalam baik. Karena Itu, mereka memilih Sebagai pipis jongkok Ke atas bibir toilet, seperti orang Didalam pose squat.

Kebiasaan ini perlu dihentikan Sebab otot panggul tidak bisa berelaksasi Didalam baik. Supaya, urine yang keluar tidak lancar atau alirannya Justru bisa Masuk Ke kaki. Kebiasaan ini juga Memberi tekanan yang terlalu besar Ke otot dasar panggul.

Kebiasaan-kebiasaan Ke atas Mungkin Saja sering kita lakukan, baik secara sadar ataupun tidak. Mulai sekarang, mari Berusaha menghentikan kebiasaan-kebiasaan pipis ini.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 5 Kebiasaan Pipis Ini Sering Dilakukan, Ternyata Bisa Karena Itu Gangguan!