Bisnis  

Pembatasan Barat Di Rusia Bikin Uni Eropa Kelimpungan, Kini Dihantam Krisis Terbaru

Perahu nelayan mencari ikan kod Atlantik Di laut Kutub Utara. FOTO/Piola666

JAKARTA – Uni Eropa Berusaha Mengatasi krisis Terbaru akibat Pembatasan barat Di Rusia. Asosiasi Industri Perikanan Rusia mengutip data Perserikatan Bangsa-Bangsa (Perserikatan Bangsa-Bangsa) melaporkan UE kini kekurangan ikan kod sebagai bahan utama yang digunakan Di banyak hidangan tradisional Di seluruh benua.

Menurunnya hasil panen dan pembatasan perdagangan Didalam Rusia sebagai produsen ikan kod terbesar Di dunia telah Merangsang Fluktuasi Harga produk Agar memaksa beberapa Bangsa Uni Eropa mencari opsi yang lebih murah.

“Kendati ada Fluktuasi Harga yang signifikan, konsumen tidak meninggalkan ikan kod secara massal, Kendati sebagian beralih Di ikan putih yang lebih murah, terutama ikan pollock,” ujar Direktur Asosiasi Produsen Ikan Rusia German Zverev dikutip Rusia Today Di Kantor Berita TASS, Rabu (29/5/2024).

Usaha pengolahan ikan juga berjuang Untuk memastikan jumlah pasokan yang cukup, mengutip laporan terbaru yang dikeluarkan Didalam Organisasi Ketahanan Pangan dan Agrikultur Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO). “Permintaan yang stabil Di Ditengah-Ditengah penurunan pasokan telah menciptakan ketidakseimbangan Di pasar,” ungkap Zverev.

Laporan GLOBEFISH terbaru Di FAO telah memperingatkan adanya penurunan dramatis Ke stok ikan kod Atlantik tahun ini. Industri pengolahan ikan juga terkena dampak Di Pembatasan Rusia, menurut dokumen tersebut.

“Larangan perdagangan Didalam Federasi Rusia menyusul konflik Di Ukraina, membawa dampak buruk Untuk para prosesor Eropa. Mereka tidak Merasakan bahan baku yang cukup,” demikian bunyi laporan tersebut.

Produk Minuman, kecuali produk kelas atas seperti kaviar, dikecualikan Di Pembatasan Uni Eropa Pada Rusia. Tetapi, Oktober lalu Norwegia sebagai produsen ikan kod terkemuka lainnya menangguhkan semua Pembelian Barang Di Luar Negeri Minuman laut Rusia Lewat penyeberangan perbatasan utama, Didalam alasan infrastruktur yang tidak memadai Di sana.

Pembatasan ini juga menghambat kemampuan Rusia Untuk melakukan perdagangan luar negeri dan melakukan transaksi, Didalam Mengintroduksi Bangsa ini Di sistem keuangan barat. Dua spesies ikan kod yang paling umum adalah ikan kod Atlantik, yang dipanen Di seluruh Atlantik Utara Didalam Norwegia dan Rusia, dan ikan kod Pasifik yang berasal Di Laut Bering dan Barents dan Teluk Alaska.

Ke Desember, Rusia melarang penangkapan ikan ini Di dua zona penting Di Pasifik, Didalam alasan adanya penurunan pendaratan spesies ini. “Langkah ini Akansegera berdampak negatif Ke industri itu sendiri dan pasar, Di mana harga ikan kod sudah sangat tinggi,” keluh FAO.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: Pembatasan Barat Di Rusia Bikin Uni Eropa Kelimpungan, Kini Dihantam Krisis Terbaru