Bisnis  

Pemberdayaan Kreator Konten Bisa Pacu Proses Transisi Energi

Pemberdayaan kreator konten didorong turut memacu proses transisi energi. FOTO/Ilustrasi/SINDOnews

JAKARTA – Langkah Energi Bersih, Terjangkau, dan Aman Sebagai Asia Tenggara (Clean, Affordable, and Secure Energy/CASE) dan Kementerian Pendesainan Pembangunan Nasional/Badan Pendesainan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) mengatakan, pemberdayaan kreator konten digital bisa memacu proses transisi energi Di Tanah Air.

CASE Project Manager, IESRAgus Tampubolon mengatakan pemberdayaan tersebut secara langsung memicu semua pihak Sebagai berkolaborasi bersama guna mewujudkan transisi Ke Energi Ramah Lingkungan. Dia mengatakan salah satu tantangan Untuk menyuarakan Topik transisi energi yaitu Lantaran dampaknya yang tidak terlihat secara langsung.

Akansegera tetapi, Melewati media dan skema bercerita (storytelling), kreator konten dinilai bisa mengubah Kejadian Luar Biasa Di lingkungan Di menjadi dokumentasi yang menjangkau Komunitas lebih luas. Ia menyampaikan produksi konten media sosial Akansegera saling melengkapi Untuk menyuarakan Topik transisi energi secara masif, itu Lantaran proses penyebaran informasi tak hanya bekerja secara top-down, melainkan juga bottom-up Melewati gerakan atau inisiatif Untuk Komunitas.

Ia menilai Untuk komunikasi yang terjalin itu, bisa membuat semua pihak mengetahui suatu permasalahan Untuk proses akselerasi transisi energi, Agar bisa Membahas tindakan.

“Itu juga yang menjadi salah satu tujuan Untuk project CASE. Dulu, CASE hanya Memusatkan Perhatian Di Eksperimen dan memberi rekomendasi Keputusan kepada pemerintah, tapi sekarang kami juga mulai masuk menggunakan media sosial,” kata dia, Jumat (31/5/2024).

CASE telah Melakukan lokakarya mini berjudul #xploREtalk Elevating Eco-Warriors as Digital Storytellers guna membekali para konten kreator media sosial yang bergerak Di Topik lingkungan dan transisi energi Di wawasan teknis, dan substansi Untuk pembuatan konten digital.

Harapannya, lokakarya ini bisa memperluas jangkauan narasi transisi energi lebih luas, khususnya Di kelompok usia Gen Z, sekaligus memperkuat narasi dan peliputan Topik transisi energi Di media. CASE bertujuan Sebagai Merangsang perubahan Di sektor ketenagalistrikan Asia Tenggara Ke peningkatan ambisi mitigasi Krisis Lingkungan. Langkah ini terfokus Di empat Negeri terbesar Di kawasan Organisasiregional yakni Indonesia, Vietnam, Thailand, dan Filipina. 

Keempat Negeri tersebut mewakili hampir tiga perempat Untuk total pembangkit listrik Di Asia Tenggara, dan menyumbang Di 72 persen Untuk PDB kawasan, serta 82 persen Untuk populasinya.  Karenanya, Pembuatan Energi Ramah Lingkungan Di Negeri-Negeri ini Akansegera berdampak besar Di kemampuan Kawasan Asia Tenggara Sebagai memenuhi tujuan pembangunan, Sustainability, serta secara Internasional Sebagai memenuhi tujuan Perjanjian Paris

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: Pemberdayaan Kreator Konten Bisa Pacu Proses Transisi Energi