Menkes Isyaratkan RPP Keadaan Disahkan Bulan Ini, Aturan Rokok-Gula Diperketat

Jakarta

Pejabat Tingginegara Keadaan RI (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengisyaratkan Peraturan Pemerintah (PP) Keadaan Berencana disahkan Pemimpin Negara Joko Widodo (Jokowi) bulan ini. Aturan tersebut merupakan turunan Yang Terkait Didalam pelaksanaan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023 Tentang Keadaan atau Perundang-Undangan Keadaan.

“Mudah-mudahan bulan ini bisa keluar (RPP Keadaan). Insyaallah Bapak Pemimpin Negara Untuk waktu segera bisa Menerbitkan. Iya (bulan ini),” ujar Menkes kepada wartawan Untuk Peristiwa puncak Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) 2024 Ke Gedung Kemenkes, Jakarta Selatan, Selasa (4/6/2024).

“Ke undang-undang yang Mutakhir, kita masukkan lebih ketat lagi aturan-aturan mengenai larangan merokok. Ada yang dibatasi jamnya, dibatasi mengenai rokok elektronik, kita batasi juga iklan-iklan luar Disekitar sekolah itu sudah banyak kita pasang,” sambungnya.


Didalam adanya aturan Mutakhir ini, lanjut Menkes, dapat menekan angka perokok aktif yang menurut Data Survei Keadaan Indonesia (SKI) telah menyentuh angka 70 juta orang Didalam 7,4 persen Ke antaranya berusia 10-18 tahun.

“Sebab ini mengenai, kan banyak kita lihat perokok-perokok muda itu juga diatur,” ujar Menkes.

Menkes Mendorong Pemerintah Area (Pemda) seluruh Indonesia Untuk ikut serta memangkas angka perokok, utamanya Didalam Inisiatif-Inisiatif positif yang mampu menyadarkan bahwa merokok bukan hal yang keren. Menurutnya, jika hanya sekadar larangan merokok, Kelompok Indonesia, khususnya anak muda Berencana memberontak dan menjadikan Keputusan tersebut kurang efektif.

“Pelarangan pasti kita lakukan. Tapi lebih efektif kalau anak-anak merasa ya ini (rokok) nggak gaya. Oh, ngerokok nggak cool deh, aku nggak ngerokok, aku sukanya makan salad,” kata Menkes.

“Umat manusia apalagi anak muda, gue juga pernah muda. Makin dilarang makin suka mereka melanggar. Itu yang harus teman-teman Pemda, termasuk Kementerian Keadaan mempelajari bagaimana kita mengubah perilaku anak-anak muda kita bahwa itu adalah perilaku zaman dulu, perilaku tidak gaya,” sambungnya

NEXT: RPP Keadaan juga mengatur gula Di minuman manis

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Menkes Isyaratkan RPP Keadaan Disahkan Bulan Ini, Aturan Rokok-Gula Diperketat