Perlu Dicatat! Ini Olah Raga Sederhana yang Bisa Bantu Jaga Keadaan Otak


Jakarta

Aktivitasfisik tidak hanya bermanfaat Bagi Keadaan fisik, tetapi juga Memberi banyak manfaat Bagi Keadaan otak. Olah Raga yang rutin dapat Memperbaiki fungsi kognitif, melindungi otak Di penuaan, membangun suasana hati, dan membantu mencegah berbagai Gangguan neurodegeneratif.

Dikutip Di Medical News Today, beberapa Studi terbaru Menunjukkan bahwa Aktivitasfisik dapat menjaga Keadaan otak seiring bertambahnya usia. Akan Tetapi perlu diingat, setiap orang dapat Memberi respons yang berbeda Di berbagai macam Aktivitasfisik, seperti Aktivitasfisik aerobik atau Pelatihan kekuatan.

Aktivitasfisik teratur berperan penting Di Keadaan tubuh, sebuah Studi yang diterbitkan British Journal of Sports Medicine Menunjukkan bahwa orang yang melakukan Aktivitasfisik ekstrem Memiliki Potensi Bagi hidup lebih lama. Di upaya kolaboratif yang dipimpin Dari Stanford Medicine, para peneliti telah mengeksplorasi mekanisme yang mendasari bagaimana Aktivitasfisik dapat Memperbaiki Keadaan tubuh secara keseluruhan, khususnya Keadaan otak.


Sebuah studi yang dipublikasikan Dari Nature, melibatkan hampir 10 ribu pengukuran Ke hampir 20 jenis jaringan, menguji dampak Pelatihan ketahanan Pada delapan minggu Ke tikus laboratorium yang telah dilatih Bagi berlari Ke treadmill kecil.

Kesimpulan Di studi tersebut mengungkapkan efek luar biasa Di Aktivitasfisik Ke sistem kekebalan tubuh, respons Beban, produksi energi, dan sistem metabolisme butuh.

Ryan Glatt, CPT, NBC-HWC, seorang Manajer Keadaan otak senior dan direktur Inisiatif FitBrain Ke Pacific Neuroscience Institute Ke Santa Monica mengatakan bahwa Aktivitasfisik Memperbaiki plastisitas sinapsis dan aliran darah sekaligus Memangkas peradangan dan Memperbaiki ekspresi faktor neurotropik seperti brain derived neurotrophic factor (BDNF).

“Efek-efek tersebut secara sinergis dapat Memperbaiki daya ingat, pembelajaran, dan Keadaan otak secara keseluruhan,” ungkap Glatt Ke Medical News Today.

Lalu, apa saja jenis Aktivitasfisik yang terbaik Bagi Keadaan otak?

Menurut Glatt, Aktivitasfisik aerobik seperti Pelatihan kardiovaskular, Pelatihan kekuatan, dan Pelatihan Kesejaganan sangat bermanfaat Bagi Keadaan otak, baik Ke Umumnya maupun secara khusus.

“Karya yang menggabungkan Di tantangan fisik dan kognitif, seperti menari atau thai ci, bisa sangat efektif Bagi aspek-aspek tertentu Di Keadaan otak,” ungkap Glatt.

Akan Tetapi Ke sisi lain, ia memperingatkan bahwa Kendati Aktivitasfisik bermanfaat Bagi Keadaan otak, keberagaman genetik dan Keadaan dasar Di masing-masing individu dapat mempengaruhi hasil.

“Studi Lebih Jelas diperlukan Bagi menentukan Ketahanan jangka panjang dan jenis serta intensitas Aktivitasfisik yang optimal Bagi Pertumbuhan yang berbeda,” tandasnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Perlu Dicatat! Ini Olah Raga Sederhana yang Bisa Bantu Jaga Keadaan Otak