Bisnis  

Ini Dalih Pemerintah Beri Konsesi Tambang Ke Ormas Keagamaan

Pembantu Kepala Negara Penanaman Modal/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. FOTO/Ilustrasi/Dok.

JAKARTA – Pembantu Kepala Negara Penanaman Modal/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia membeberkan alasan pemberian konsesi tambang kepada organisasi Komunitas (ormas) keagamaan. Bahlil mengaku, gagasan tersebut muncul Sesudah Kepala Negara Joko Widodo berkunjung Hingga berbagai Daerah Ke Indonesia.

Menurut dia, Untuk kunjungan itu Kepala Bangsa memperoleh aspirasi bahwa ormas seharusnya juga Merasakan kesempatan Sebagai Memiliki konsesi tambang. Hal itu Sesudah Itu ditindaklanjuti Untuk Diskusi terbatas Sebelumnya pengambilan keputusan Sebagai pemberian konsesi tambang kepada ormas keagamaan.

“Kepala Negara menyampaikan bahwa IUP ini hanya dikuasai Dari perusahaan besar, Dari investor besar, Lantaran Untuk berbagai perjalanan dinas, Kepala Negara Memperoleh aspirasi bahwa ormas ini diperankan,” papar Bahlil Untuk konferensi pers Ke Kantornya, Jumat (7/6/2024).

Bahlil menambahkan, Ke balik persetujuan Sebagai Memberi konsesi tambang Untuk ormas keagamaan juga terdapat aspek historis yang menjadi pertimbangan. Ormas-ormas ini, kata dia, sigap Untuk membantu persoalan Bangsa.

“Saya ingin menyampaikan bahwa ada latar Di kenapa ini diberikan, pertama kita tahu bahwa Indonesia merdeka dan mempertahankan kemerdekaannya hampir semua elemen Komunitas terlibat, khususnya ormas baik Untuk NU, Muhammadiyah, induk gereja , Budha, Hindu, dan lain sebagainya,” tuturnya.

Belum lagi menurutnya, ormas keagamaan juga kerap berkontribusi Sebagai berbagai Kegiatan sosial, terutama Pada terjadi bencana alam. Ormas keagamaan menurutnya kerap datang lebih awal Memberi Dukungan Sebelumnya pemerintah.

Atas dasar-dasar itulah, kata Bahlil, Bangsa menilai patut jika ormas keagamaan diberikan semacam hak pengelolaan atas pemanfaatan sumber daya alam Ke Indonesia. Ia menambahkan, Di ini pengelolaan sumber daya alam pun kerap dikuasai Dari segelintir orang saja. “Tujuannya agar mereka (ormas) punya hak, memang Sebelumnya Itu Bangsa ketika ada masalah emang investor yang ngurus?” cetus Bahlil.

Ke kesempatan tersebut, Bahlil juga menyampaikan, salah satu syarat Sebagai ormas keagamaan Merasakan konsesi tambang adalah Memiliki badan usaha terlebih dahulu. Ormas tersebut Lanjutnya Akansegera memilih kontraktor yang punya Penghayatan Untuk pengelolaan tambang. “Jangan berpikir bahwa ormas Akansegera rugi, ketika ormas pegang IUP, nanti kita carikan kontraktor yang profesional,” ujarnya.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: Ini Dalih Pemerintah Beri Konsesi Tambang Ke Ormas Keagamaan