Timun Bisa Bantu Turunkan Tekanan Darah, Mitos atau Fakta? Begini Penjelasannya

Jakarta

Timun, atau yang Untuk bahasa Latin disebut Cucumis sativus, adalah salah satu sayuran yang kerap kita jumpai Untuk berbagai hidangan, seperti salad, acar, hingga aneka minuman. Selain Memiliki tekstur renyah dan menyegarkan, timun juga menyimpan banyak manfaat Sebagai Keadaan.

Manfaat timun Sebagai Keadaan cukup beragam, mulai Untuk melancarkan pencernaan, membantu menurunkan berat badan, menghidrasi tubuh, hingga menyehatkan kulit. Akan Tetapi, sebagian orang percaya timun juga ampuh Sebagai menurunkan tekanan darah. Apakah benar demikian?

Faktanya, timun tidak Memiliki efek spesifik Sebagai menurunkan tekanan darah. Akan Tetapi seperti sayuran lainnya, timun mengandung Gizi yang dapat membantu menurunkan tekanan darah jika dikombinasikan Di Cara Kebugaran Yangbaik.


Dikutip Untuk Livestrong, khasiat timun Sebagai menurunkan tekanan darah berasal Untuk kalium yang terkandung Ke dalamnya. Kalium merupakan salah satu senyawa yang berperan penting Untuk menjaga tekanan darah tetap stabil.

Centers for Disease Control and Prevention juga menyebutkan asupan kalium yang dibarengi Di pembatasan sodium (garam) dapat membantu mengendalikan tekanan darah dan menurunkan risiko Penyakit kardiovaskular.

Tentu saja, timun bukanlah satu-satunya sayuran yang mengandung kalium. Akan Tetapi salah satu Kelebihan timun dibanding sayuran lain adalah kadar kalori yang dimilikinya.

Departemen Agrikultur Amerika Serikat (USDA) mengungkapkan satu buah timun berukuran Lagi mengandung Di 24 kalori. Pola Makan rendah kalori dapat membantu menurunkan berat badan, dan berkontribusi Pada pengelolaan tekanan darah yang lebih baik.

“Mengonsumsi banyak buah dan sayuran rendah kalori, seperti timun, dapat membuat Anda merasa kenyang dan lebih mudah mengelola berat badan. Malahan Memangkas 10 pon (4,5 kg) saja bisa Memangkas tekanan darah,” ujar pakar Gizi Vandana Sheth, RDN, CDE.

Perlu diingat, timun sebaiknya dikonsumsi Untuk keadaan segar ketimbang diasinkan. Sebab, penambahan garam justru bisa Memangkas khasiat yang dapat diberikan Di sayuran ini.

Manfaat Timun Sebagai Keadaan

Selain bisa membantu menurunkan tekanan darah, timun juga punya beragam manfaat baik Sebagai Keadaan. Dikutip Untuk berbagai sumber, berikut khasiat yang bisa diperoleh Untuk mengonsumsi timun:

  • Mengandung vitamin K yang penting Sebagai mendukung pembekuan darah dan Keadaan tulang
  • Kaya Akansegera folat yang dapat mencegah terjadinya anemia
  • Mengandung serat tinggi yang bisa membantu menurunkan berat badan
  • Membantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh
  • Mengandung antioksidan tinggi yang melindungi tubuh Untuk peradangan dan Beban oksidatif
  • Menjaga kadar gula darah Untuk tubuh
  • Mengandung silika yang baik Sebagai Perkembangan kuku dan rambut

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Timun Bisa Bantu Turunkan Tekanan Darah, Mitos atau Fakta? Begini Penjelasannya