Jangan Sampai Salah, Begini Beda Tanda Gatal-gatal Akibat Cacar Air VS Alergi


Jakarta

Cacar air dan alergi merupakan dua Gangguan yang Memperoleh kemiripan Tanda. Beberapa Tanda yang mirip Di kedua masalah kulit ini adalah munculnya ruam hingga sensasi gatal.

Sebenarnya, bagaimana sih cara membedakan Di kedua masalah Kesejajaran kulit ini? Spesialis kulit Dr dr Windy Keumala Budianti, SpDVE, SubspDAI mengatakan bahwa kedua Gangguan tersebut disebabkan Dari dua penyebab yang berbeda.

Cacar air disebabkan Dari Patogen Varicella zoster, sedangkan Bagi alergi biasanya disebabkan Dari alergen yang bisa berbeda-beda Ke pasien.


“Cacar air penyebabnya itu Patogen. Gangguan itu bisa dialami Dari usia anak sampai usia lansia. Dari Sebab Itu biasanya ada tanda-tanda seperti demam Sesudah Itu nyeri otot Sesudah Itu sakit kepala lalu Sesudah Itu timbul ruam-ruam,” kata dr Windy ketika ditemui awak media Ke Jakarta Selatan, Sabtu (8/6/2024).

“Mungkin Saja memang sama-sama ruam ya keduanya cuman yang cacar ini agak khas Sebab berupa lenting-lenting atau yang kita sebut Di vesikel berisi air dan biasanya menyebar Hingga seluruh tubuh,” tambahnya.

dr Windy menambahkan cacar air umumnya bisa sembuh sendiri tanpa harus diobati. Akan Tetapi, Di beberapa Tindak Kejahatan apabila Tanda yang dialami berat, maka pasien harus dibawa Hingga fasilitas Kesejajaran Bagi Merasakan Perawatan Untuk menangani Kebugaran Penyakit Menyebar virusnya.

Berkaitan Di alergi, dr Windy menyebut alergen penyebab alergi dibagi menjadi tiga jenis, yaitu inhalan (terhirup), Minuman, dan kontak (terkena kulit).

“Misalnya dihirup itu kena debu Ke Rumah, bulu anjing, atau bulu kucing peliharaan nah itu nanti ruamnya berupa biduran,” jelas dr Windy.

“Dari Sebab Itu memang sama-sama ruam merah tetapi karakteristik Di penyakitnya itu sangat berbeda,” tandasnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Jangan Sampai Salah, Begini Beda Tanda Gatal-gatal Akibat Cacar Air VS Alergi