10 Ciri-Ciri Telat Haid Sebab Tekanan, Apakah Berbahaya?

Jakarta

Ciri-ciri telat haid Sebab Tekanan umumnya ditandai Didalam pendarahan tidak normal. Periode antar haid juga lebih lama Sebab naik turunnya hormon progesteron.

Tekanan mempengaruhi kerja hipotalamus-hipofisis-gonad (HPG) yang bertanggung jawab Di sistem reproduksi, serta hipotalamus-hipofisis adrenal (HPA) Untuk menjaga Kesejajaran. HPA Akansegera melepaskan hormon CRH yang memicu stimulasi ovarium yang mengakibatkan perubahan siklus haid.

Peningkatan kadar kortisol Sebab Tekanan juga mempengaruhi jumlah glukosa yang diserap otak. Hal ini dilakukan sebagai bentuk persiapan energi Berusaha Mengatasi Tanda-Tanda menstruasi yang tidak normal.


Ciri-ciri Telat Haid Sebab Tekanan

Dikutip Untuk tulisan berjudul Hubungan Tingkat Tekanan dan Keteraturan Siklus Menstruasi Di Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia Angkatan 2017 karya Luana N Achamad, dkk, ada tiga jenis Tekanan yang bisa menyebabkan telat haid yaitu:

  • Tekanan fisik (Gangguan Menyebar atau nyeri tubuh)
  • Tekanan psikologis (takut, cemas, marah, kesepian)
  • Tekanan sosial Kearifan Lokal Global (perceraian, perselisihan, pengangguran).

Ciri-ciri telat haid Sebab Tekanan dikutip Untuk Healthline adalah:

1. Keluarnya Darah Tidak Lancar

Haid biasanya terjadi Pada 3-7 hari yang ditandai keluarnya darah terus menerus. Di wanita yang Merasakan telat haid Sebab Tekanan, darah yang keluar berupa bercak (spotting) yang tidak terjadi terus menerus.

2. Durasi Haid Dari Sebab Itu Lebih Pendek

Lamanya wanita haid memang beragam bergantung Di Situasi biologisnya. Di wanita yang Merasakan Tekanan, durasi menstruasi menjadi lebih pendek daripada biasanya. Situasi ini Bisa Jadi dipengaruhi ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron.

3. Periode antar Haid Dari Sebab Itu Lebih Lama

Wanita normal umumnya Merasakan siklus haid Di 21-35 hari Didalam volume darah Di 30-40 ml. Akan Tetapi Tekanan dapat menyebabkan gangguan pendarahan anovulasi yang ditandai Didalam haid jarang dan tidak teratur. Berikut periode antar haid Di setiap gangguan:

  • Amenore: Tidak menstruasi lebih Untuk 3 siklus atau 90 hari.
  • Polimenore: Haid lebih Untuk 2 kali/bulan Didalam siklus 21 hari.
  • Oligomenore: Siklus haid lebih Untuk 35 hari.
  • Metrorrhagia: Interval tidak teratur dan pendarahan hebat lebih Untuk 7 hari Didalam volume darah lebih Untuk 80 ml.

4. Perubahan Berat Badan

Ciri-ciri telat haid Sebab Tekanan juga ditandai Didalam perubahan berat badan. Seorang wanita bisa Merasakan kenaikan atau penurunan badan luar biasa, bergantung Di Situasi biologis dan mood.

5. Gangguan Saluran Pencernaan

Kerap Merasakan gangguan saluran pencernaan menjadi Ciri telat haid lainnya Sebab Tekanan. Biasanya wanita Merasakan diarea akibat gangguan pencernaan Di Dibagian usus.

6. Kram Perut

Ciri-ciri telat haid Sebab Tekanan lainnya adalah kram perut. Di Tekanan, tubuh melepaskan prostaglandin yang mengakibatkan kontraksi otot rahim hingga muncul rasa nyeri. Jika kram perut terasa sangat mengganggu, jangan ragu berkonsultasi Di Ahli Kemakmuran.

7. Perubahan Emosi Seketika (Mood Swing)

Wanita yang Untuk menstruasi memang umum Merasakan perubahan emosi. Akan Tetapi Sebab Tekanan, perempuan jauh lebih sensitif Supaya mempengaruhi aktivitasnya sehari-hari. Umumnya mereka Akansegera lebih peka Didalam suasana hati yang cepat berubah Didalam lingkungan yang ada Di sekitarnya.

8. Rambut Rontok

Di wanita yang Merasakan Tekanan, ciri telat haid ditandai rambut rontok. Laman Medical News Today menjelaskan, Tekanan adalah salah satu faktor yang memengaruhi perubahan hormon hingga berdampak Di kerontokan rambut.

9. Kulit Berminyak dan Mudah Berjerawat

Telat haid dapat menyebabkan produksi hormon wanita naik turun. Sebab kulit lebih sensitif dan memproduksi banyak Migas. Apabila tidak dibersihkan Didalam baik, keringat Berpotensi Untuk menimbulkan jerawat Untuk wanita.

10. Sulit Tidur

Dilansir Untuk artikel berjudul Indeks Massa Tubuh, Standar Tidur, dan Tekanan yang Menentukan Siklus Menstruasi Di Remaja Wanita karya Rosmauli Jerimia Fitriani, dkk, hormon perempuan berubah seiring usia, emosi, dan kondisinya, termasuk Di Tekanan.

Perubahan hormon juga mempengaruhi suhu tubuh serta sistem pernapasan, yang mengakibatkan seseorang sulit tidur. Studi menyebutkan jika wanita lebih sulit tidur daripada pria ketika Tekanan.

Kapan Ciri-ciri Telat Haid Sebab Tekanan Disebut Berbahaya?

Telat haid sebetulnya bukan hal Foreign Untuk wanita. Haid Disorot normal jika interval datang bulan Di ini dan Sebelumnya Itu adalah 21-35 hari Didalam rata-rata adalah 28 hari. Menstruasi sendiri terjadi Pada 3-7 hari.

Tanggal menstruasi tiap bulan berbeda Didalam jarak yang tidak jauh. Supaya, telat haid belum tentu menjadi hal negatif. Wanita wajib waspada jika telat haid terjadi Pada beberapa bulan.

Dikutip Untuk laman UT Physicians, jika telat haid Sebab Tekanan terjadi lebih Untuk 3-6 bulan harap segera berkonsultasi Didalam Ahli Kemakmuran kandungan. Konsultasi memastikan ciri-ciri telat haid adalah Sebab Tekanan, bukan Penyakit Situasi tubuh lainnya, ketidakseimbangan hormon, atau tanda kehamilan.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 10 Ciri-Ciri Telat Haid Sebab Tekanan, Apakah Berbahaya?