Tak Banyak yang Tahu, Ini Manfaat Konsumsi ‘Vitamin U’ Untuk Kesejaganan Tubuh

Jakarta

Kebanyakan orang Bisa Jadi hanya mengenal vitamin A, B, C, D, E, hingga K. Padahal selain vitamin-vitamin tersebut, ada juga lho yang disebut ‘vitamin U’. Meski namanya tak sepopuler vitamin lain, vitamin U juga Memperoleh berbagai macam manfaat Untuk Kesejaganan.

Vitamin U adalah istilah yang diperkenalkan Di awal tahun 1950-an Untuk mengidentifikasi senyawa Di jus kubis. Sesudah Studi Lebih Jelas, senyawa itu ternyata bukan-lah vitamin, melainkan turunan Di asam amino metionin. Akansegera tetapi, nama vitamin U sudah terlanjur melekat.

Dikutip Di Healthline, contoh turunan metionin yang sering disebut vitamin U Di lain S-metilmetionin (SMM), metilmetionin sulfonium (SMM), dan 3-amino-3-karboksipropil dimetilsulfonium.


Vitamin U banyak terdapat secara alami Di Di berbagai Konsumsi terutama sayuran seperti kubis, brokoli, kubis Brussel, dan kangkung. Vitamin U juga banyak dikemas menjadi Nutrisi Tambahan dan Justru ditambahkan Di produk skincare seperti krim, serum, dan masker. Berikut manfaat yang didapat Di vitamin U.

1. Mengatasi Tukak Lambung

Ketika vitamin U pertama kali diteliti Di tahun 1950-an, beberapa Studi Menunjukkan bahwa meminum 1 liter (945 mL) jus kubis setiap hari membantu penyembuhan tukak usus 4-5 kali lebih cepat dibandingkan terapi anti-tukak standar yang tersedia Di Pada itu.

2. Melindungi Paru-paru, Hati, dan Ginjal

Vitamin U dapat melindungi paru-paru, hati, dan ginjal Di kerusakan. Di sebuah Studi Di hewan, vitamin U membantu memulihkan beberapa kerusakan hati yang disebabkan Dari Terapi anti kejang asam valproat.

Di Studi lain, tikus yang diberi vitamin U Merasakan kerusakan ginjal yang lebih ringan Sesudah Merasakan asam valproat dibandingkan tikus yang tidak diberi vitamin U. Zat ini juga tampaknya Memangkas penanda peradangan.

Studi Di hewan Lebih Jelas Menunjukkan bahwa vitamin U dapat membantu Memangkas kerusakan paru-paru akibat serangan epilepsi.

Ada sejumlah bukti yang Menunjukkan bahwa Nutrisi Tambahan vitamin U dapat membantu Memangkas kadar kolesterol dan trigliserida.

Di sebuah Studi tabung reaksi Di laboratorium, misalnya, ditemukan bahwa vitamin U dapat mencegah pembentukan sel lemak dan Memangkas kadar trigliserida.

Sambil Itu Di studi Pada 8 minggu, orang yang diberikan 1,5 gram vitamin U setiap hari Merasakan penurunan kolesterol total hampir 10 persen.

4. Menyembuhkan Luka dan Melindungi Kulit

Manfaat Kesejaganan vitamin U lainnya adalah melindungi kulit Di sinar ultraviolet (UV) matahari dan mempercepat penyembuhan luka.

Studi Di tabung reaksi Di laboratorium dan hewan uji melaporkan bahwa Menyediakan vitamin U langsung Di luka dapat mempercepat penutupan luka.

Samping Itu, vitamin U juga dapat melindungi kulit Di luka bakar dan kerusakan lainnya yang disebabkan Dari sinar UV.

Meski begitu, Studi Lebih Jelas masih diperlukan Untuk manfaat yang didapat Di ‘vitamin U’.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Tak Banyak yang Tahu, Ini Manfaat Konsumsi ‘Vitamin U’ Untuk Kesejaganan Tubuh