7 Minuman Berbahan Alami Bagi Menurunkan Kolesterol, Lezat dan Mudah Dibuat

Jakarta

Tingginya kadar kolesterol Untuk tubuh dapat Memperbaiki risiko berbagai macam Penyakit. Termasuk Ke antaranya, Penyakit kronis yang bisa mengancam nyawa, seperti serangan jantung dan stroke.

Kolesterol sebenarnya merupakan senyawa lemak yang dibutuhkan Di tubuh. Kolesterol Memiliki sejumlah manfaat, mulai Untuk membantu produksi vitamin D, membantu membuat empedu, hingga mendukung pembentukan hormon dan sel Ke Untuk tubuh.

Tapi jika kadar kolesterol melebihi batas normal, atau jumlah kolesterol jahat (low-density lipoprotein/LDL) terlalu tinggi, maka dapat memicu Penyakit dan membahayakan Kesejaganan.


Bagi menurunkan kolesterol sebetulnya tidak sulit. Selain Di rajin Latihan dan menjaga pola makan yang seimbang, mengonsumsi minuman berbahan alami juga dapat membantu mengelola kadar kolesterol Untuk tubuh. Apa saja minuman tersebut? Berikut minuman alami yang bisa dikonsumsi Bagi membantu menurunkan kolesterol yang telah dirangkum Untuk berbagai sumber.

1. Teh hijau

Teh hijau Memiliki banyak sekali manfaat Bagi Kesejaganan, termasuk sebagai penurun kolesterol alami. Teh hijau mengandung katekin dan berbagai antioksidan lain yang bisa menurunkan kolesterol LDL dan jumlah total kolesterol Untuk tubuh.

Studi yang dilakukan Ke 2020 menemukan bahwa katekin yang ada Untuk teh hijau ampuh Untuk menurunkan LDL Untuk tubuh. Peneliti juga menemukan orang yang sering mengonsumsi teh hijau Merasakan penurunan LDL yang lebih besar dibanding mereka yang tidak atau minum sedikit teh hijau.

2. Susu kedelai

Kolesterol tinggi kerap disebabkan Di Konsumsi yang mengandung banyak lemak jenuh. Karenanya, mengganti sumber lemak Di alternatif yang lebih sehat, seperti susu kedelai, dapat membantu menurunkan kolesterol LDL Untuk tubuh.

Badan Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat pun menyarankan Bagi mengonsumsi 25 gram protein kedelai setiap hari guna Mengurangi dan mencegah risiko kolesterol dan Penyakit jantung.

3. Jus tomat

Jus tomat juga termasuk minuman alami penurun kolesterol yang cukup ampuh. Tomat mengandung senyawa bernama likopen. Selain Memberi warna merah Ke tomat, likopen juga dapat membantu menurunkan LDL Untuk tubuh.

Sebuah studi menemukan memproses tomat menjadi jus dapat Memperbaiki kadar likopen yang ada Ke dalamnya. Karenanya, mengonsumsi jus tomat dapat Memberi manfaat yang lebih besar Bagi menurunkan kolesterol dibandingkan dimakan mentah atau dimasak.

4. Smoothie beri

Smoothie yang terbuat Untuk buah beri, seperti stroberi, blueberry, blackberry, dan raspberry, mengandung antioksidan dan serat tinggi yang sangat bermanfaat Untuk menurunkan kolesterol.

Buah beri juga Memiliki kandungan lemak yang rendah, Agar cocok dikonsumsi sehari-hari Di orang yang Lagi menjaga kadar kolesterolnya.

5. Minuman kakao

Kakao adalah bahan utama yang digunakan Bagi membuat coklat hitam. Coklat hitam juga kerap disebut sebagai salah satu Konsumsi yang bisa membantu menurunkan kolesterol secara alami.

Kakao mengandung antioksidan bernama flavonoid yang dapat membantu menurunkan LDL. Karenanya, minuman yang terbuat Untuk kakao cocok dikonsumsi Bagi mengelola kadar kolesterol Untuk tubuh. Tapi ingat, jangan menambahkan gula atau pemanis tambahan lain Hingga Untuk minuman kakao agar tidak merusak khasiatnya.

6. Jus lemon

Buah sitrus seperti lemon mengandung vitamin C tinggi yang dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol Untuk tubuh. Sebuah studi yang dilakukan Ke 2021 menemukan jus lemon dapat membantu menurunkan LDL sekaligus Memperbaiki HDL atau kolesterol baik yang bermanfaat Bagi Kesejaganan.

7. Jus alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang kaya Akansegera lemak tak jenuh yang disebut monounsaturated fat. Lemak jenis ini dapat membantu menurunkan LDL dan trigliserida Untuk darah.

Ke Di yang sama, lemak tak jenuh yang terkandung Untuk alpukat juga dapat Memperbaiki kadar HDL Untuk darah, Agar membantu Mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah yang dapat berujung Ke serangan jantung atau stroke.

Tapi ingat, Di mengonsumsi jus alpukat jangan menambahkan terlalu banyak gula, susu, atau pemanis lainnya agar tidak memicu risiko kenaikan gula darah atau Justru diabetes tipe 2.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 7 Minuman Berbahan Alami Bagi Menurunkan Kolesterol, Lezat dan Mudah Dibuat