11 Ciri-ciri Kolesterol Naik Sesudah Menyantap Daging Kurban, Hati-hati!

Jakarta

Perayaan Idul Adha identik Di menyantap aneka hidangan daging, seperti opor, gulai, sate, atau rendang. Lantaran kelezatannya, banyak orang sering kalap melahap menu daging hingga tidak sadar Akansegera bahaya kolesterol tinggi yang mengintai.

Pasalnya, daging dan Minuman bersantan merupakan salah satu pemicu peningkatan kadar kolesterol. Lalu, apa saja ciri-ciri kolesterol naik Sesudah makan daging? Ini dia uraiannya.

Ciri-ciri Kolesterol Naik

Seringkali Tanda-Tanda kolesterol tinggi Terbaru timbul ketika sumbatan atau plak sudah menumpuk Di pembuluh darah yang berujung mengakibatkan beberapa komplikasi serius. Mengutip Di laman Kementerian Kesejaganan, berikut 10 ciri-ciri kolesterol tinggi yang patut diwaspadai:


1. Mudah Mengantuk

Meski terkesan sepele, rupanya mudah mengantuk dapat menjadi Tanda-Tanda kolesterol tinggi. Pasalnya, frekuensi menguap yang terlalu sering bisa Dari Sebab Itu disebabkan Dari penumpukan kolesterol tinggi, Agar aliran oksigen Di otak tidak lancar.

2. Nyeri Di Kaki

Tanda-Tanda berikutnya Di kadar kolesterol tinggi adalah rasa nyeri yang menyerang kaki. Hal ini Lantaran terjadi penyumbatan aliran Di arteri, Agar menghambat mengalirnya darah Di Pada kaki.

3. Kesemutan

Kesemutan Di beberapa titik Di tubuh seperti Di kaki atau tangan juga dipengaruhi Dari faktor aliran darah yang tidak lancar akibat kolesterol tinggi. Alhasil, sejumlah syaraf Untuk tubuh tidak Merasakan pasokan darah yang cukup.

4. Pegal Di Tengkuk atau Pundak

Sering merasa pegal Di Pada tengkuk atau pundak? Hati-hati, Lantaran kemungkinan pegal yang dirasakan bukan pegal biasa, melainkan disebabkan Dari penumpukan kolesterol yang menghambat suplai oksigen dan darah.

5. Kram

Tanda-Tanda kolesterol tinggi berikutnya adalah rasa kram Di sejumlah Pada tubuh, seperti tumit, telapak kaki, dan lain-lain. Rasa kram ini khususnya kerap muncul Pada malam hari atau Pada terbangun Di tidur. Meski kram Akansegera hilang ketika badan digerakkan, Tanda-Tanda ini patut diwaspadai.

6. Nyeri Dada

Situasi fisik lainnya yang menandakan kolesterol tinggi diantaranya adalah nyeri Di dada. Tanda-Tanda ini disebabkan Dari adanya Di dinding Di arteri, Agar jantung tidak memperoleh suplai darah yang dibutuhkan.

7. Xanthelasma

Xanthelasma adalah endapan kolesterol yang hinggap Di bawah jaringan kulit. Tanda-Tanda ini biasanya ditandai Di munculnya bentolan kecil padat Di lipatan tubuh seperti tumit, lutut, atau siku. Tanda lainnya berupa noda berwarna kuning muda yang timbul Di ujung kelopak mata.

8. Tanda-Tanda Stroke

Penyumbatan pembuluh darah Di otak akibat tingginya kolesterol yang Mengurangi suplai darah dan oksigen dapat menyebabkan berbagai Tanda-Tanda serius. Salah satunya adalah Tanda-Tanda Penyakit stroke. Ketika Situasi ini terjadi, seseorang Akansegera Merasakan muntah menyemprot, melemahnya satu sisi tubuh, dan sakit kepala yang hebat.

9. Perlemakan Hati

Keluhan begah, mual, dan rasa tidak nyaman Di tubuh dapat timbul ketika hati dipenuhi Dari kadar lemak yang tinggi. Keadaan ini Berpeluang Meningkatkan risiko Penyakit serius seperti sirosis, Malahan kanker hati.

10. Xanthoma

Bagi yang belum tahu, xanthoma merupakan sejenis kelainan kulit berupa benjolan-benjolan kecil atau papula yang disebabkan Dari penumpukan lemak. Seringnya, papula muncul Di Pada persendian, terutama siku dan lutut.

Selain Lantaran kolesterol tinggi, xanthoma bisa juga diakibatkan Dari Penyakit kronis lainnya seperti hematologi, diabetes, kolestasis, hipotiroidisme, dan sindrom nefrotik.

11. Disfungsi Ereksi

Ciri-ciri kolesterol tinggi yang terakhir adalah Tanda-Tanda disfungsi ereksi. Situasi ini umumnya terjadi Lantaran aliran darah Di penis yang terhambat akibat adanya plak.

Apabila kamu mengidap kolesterol tinggi, berikut terdapat langkah-langkah menurunkan kolestero dirangkum Di laman Healthline dan Verywellhealth:

  • Memperbanyak konsumsi Minuman yang mengandung lemak tak jenuh tunggal seperti almond, kacang mete, kemiri, Migas zaitun, dan alpukat.
  • Utamakan konsumsi Minuman Di lemak tak jenuh ganda. Misalnya, ikan salmon, tuna, udang, dan kerang-kerangan.
  • Memperbanyak konsumsi Minuman berserat seperti sereal, buah, dan kacang polong.
  • Hindari kebiasaan merokok.
  • Konsumsi Nutrisi Tambahan seperti Migas ikan, psyllium, dan coenzyme Q10 yang dapat memperbaiki kolesterol dan Meningkatkan Kesejaganan jantung.
  • Aktivitasfisik dan melakukan kegiatan fisik secara rutin. Aerobik adalah salah satu contoh Aktivitasfisik yang dapat menurunkan kolesterol.
  • Terapkan Asupan Minuman vegetarian.
  • Konsumsi cuka apel 1 Alatmakan (15 ml) setiap hari.
  • Batasi konsumsi fast food.

Itu dia penjelasan seputar ciri-ciri kena kolesterol beserta tips menurunkannya. Agar terhindar Di risiko kolesterol tinggi, ada baiknya Bagi tidak mengonsumsi Minuman daging secara berlebihan Pada Idul Adha.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 11 Ciri-ciri Kolesterol Naik Sesudah Menyantap Daging Kurban, Hati-hati!