Agar Sirkulasi Darah Lancar, Ini Posisi Tidur yang Baik Bagi Pengidap Diabetes

Jakarta

Tanda umum Untuk sirkulasi darah tak lancar Ke pengidap diabetes yakni luka Hingga kulit yang lama membaik. Hal ini Sebab darah tidak dapat Menyediakan Konsumsi Bergizi Hingga area tersebut.

Dari sebab itu, peredaran darah perlu dilancarkan kembali. Salah satunya Di memperhatikan posisi tidur yang tepat Bagi pengidap diabetes. Simak penjelasan selengkapnya berikut.

Pentingnya Menjaga Sirkulasi Darah Bagi Penderita Diabetes

Sirkulasi darah sangat penting Bagi Keadaan secara menyeluruh. Sistem ini berperan Untuk mengalirkan darah, oksigen, dan Konsumsi Bergizi Hingga seluruh tubuh. Akan Tetapi, peredaran darah juga bisa memburuk Sebab Penyakit tertentu, Di lain diabetes.


Kadar gula darah yang tinggi terus-menerus dapat menyebabkan kerusakan Ke saraf dan pembuluh darah. Supaya dapat mempengaruhi sirkulasi darah Hingga seluruh tubuh, termasuk Hingga lengan, tangan, dan kaki, dikutip Untuk Healthline.

Posisi Tidur yang Baik Bagi Pengidap Diabetes

Pengidap diabetes dapat memperhatikan posisi tidurnya agar peredaran darah menjadi lancar. Berikut posisi tidur terbaik Bagi pengidap diabetes, dilansir laman Texas Vein & Kesejahteraan Institute.

1. Menyamping Hingga Kanan

Posisi tidur terbaik Bagi Meningkatkan sirkulasi darah adalah Di tidur menyamping. Bisa tidur miring Hingga sisi mana saja yang terasa lebih nyaman, baik kiri maupun kanan.

Berencana tetapi, pengidap diabetes berisiko lebih tinggi Di tekanan darah tinggi, Penyakit jantung, dan aterosklerosis.

Dari sebab itu, tidur miring Hingga kanan adalah pilihan terbaik Bagi menjaga Keadaan jantung Di memastikan organ paru-paru menahan jantung agar tetap Ke tempatnya.

Pengidap gagal jantung menghindari tidur miring Hingga kiri Sebab posisi ini dapat berdampak Di fungsi jantung. Hingga Samping itu, tidur menyamping Hingga kiri Berencana Menyediakan manfaat Bagi mereka yang tidak Memperoleh Penyakit jantung.

2. Kaki Ditinggikan

Selain tidur miring, pengidap diabetes yang coba melancarkan sirkulasi darah dapat tidur Di kaki terangkat atau ditinggikan.

Hal ini dapat dilakukan Di mengganjal Dibagian bawah lutut sampai kaki Pada berbaring Di bantal. Tapi perhatikan Bagi tidak terlalu tinggi.

Pastikan juga tulang Dibelakang tetap sejajar Pada tidur Di posisi kaki seperti ini. Ini supaya tidak menimbulkan tekanan atau ketegangan Ke pinggul atau punggung.

Tidur Di posisi kaki ditinggikan dapat menghilangkan tekanan Hingga kaki Dibagian bawah. Posisi ini juga bantu mengalirkan darah Untuk bawah Hingga tubuh Dibagian Di dan atas.

3. Posisi Semi Fowler

Pengidap diabetes berisiko terkena gangguan jantung dan pembuluh darah, termasuk Penyakit arteri perifer (PAD). PAD terjadi ketika arteri menyempit dan aliran darah dibatasi. Penyakit ini cukup mempengaruhi Dibagian kaki.

Posisi tidur semi fowler adalah posisi tidur terbaik Bagi pengidap PAD. Semi fowler merupakan posisi tidur yang bagus Bagi sirkulasi darah Hingga kaki.

Posisi ini dilakukan Di Dibagian tubuh atas yang ditinggikan Disekitar 15-45 derajat Di bantal atau tempat tidur yang dapat dinaik-turunkan.

Bagi kakinya bisa diluruskan atau sedikit ditekuk tergantung kenyamanan. Apabila sudah merasa tidak nyaman Di posisi tidur ini, maka dapat mengubah posisinya.

Selain memperhatikan posisi tidur, pengidap diabetes juga dapat melancarkan sirkulasi darah Di Latihan teratur. Pastikan juga tubuh tetap terhidrasi dan pola makan sehat terjaga.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Agar Sirkulasi Darah Lancar, Ini Posisi Tidur yang Baik Bagi Pengidap Diabetes