Ahli Ungkap Jenis Asupan Konsumsi Ini Bisa Bikin Wanita Hidup Lebih Lama

Jakarta

Sebuah Studi Mutakhir menemukan bahwa wanita yang menjalani Asupan Konsumsi Mediterania hidup lebih lama dibandingkan mereka yang tak melakukannya. Studi ini dilakukan Di Memperhatikan lebih Di 25.000 wanita Di 25 tahun.

Di studi Mutakhir yang diterbitkan Ke jurnal JAMA Network Open itu, para peneliti bertanya kepada 25.315 wanita sehat yang berpartisipasi Di Women’s Health Study tentang pola makan mereka. Peneliti juga mengumpulkan darah serta biomarker lainnya Di tahun 1993 dan 1996. Wanita-wanita tersebut Sesudah Itu dievaluasi ulang Di tahun 2018 dan 2023.

Mengikuti pola makan Mediterania tidak hanya Mengurangi risiko kematian dini sebesar 23 persen, tetapi juga Mengurangi risiko kematian akibat kanker sebesar 17 persen, dan kematian akibat Gangguan kardiovaskular sebesar 20 persen.


“Bagi wanita yang tertarik berumur panjang, Studi kami Menunjukkan bahwa mengikuti pola makan Mediterania dapat Mengurangi Di seperempat risiko kematian Di lebih Di 25 tahun dan Memberi manfaat Bagi kanker dan kematian kardiovaskular, yang merupakan penyebab utama kematian,” kata Kepala penulis Studi sekaligus ahli jantung Ke Brigham and Women’s Hospital dan profesor kedokteran Ke Harvard Medical School Ke Boston, Dr Samia Mora, seperti dikutip CNN.

Seperti Apa Pola Asupan Konsumsi Mediterania?

Pola makan ala Asupan Konsumsi Mediterania terbilang sangat sederhana. Asupan Konsumsi ini Memusatkan Perhatian Ke masakan nabati yang sebagian besar Konsumsi Memusatkan Perhatian Ke buah-buahan dan sayuran, biji-bijian utuh (whole grains), kacang-kacangan hingga biji-bijian, serta Energi zaitun extra-virgin. Sambil Itu lemak selain Energi zaitun, seperti mentega, gula, hingga Konsumsi olahan perlu dihindari Sebagai dikonsumsi.

Daging merah juga disarankan dikonsumsi secukupnya, biasanya hanya Sebagai memberi rasa Ke hidangan. Sebagai produk susu, dan unggas dimakan Di porsi yang jauh lebih kecil.

Sambil Itu sangat dianjurkan Sebagai mengonsumsi ikan yang sehat dan berminyak, yang mengandung asam lemak omega-3.

“Di Studi ini, kepatuhan Pada pola makan Mediterania merupakan ukuran Standar pola makan. Mereka yang paling patuh adalah mengonsumsi lebih banyak kacang-kacangan, lebih banyak sayuran, lebih banyak buah-buahan, lebih sedikit daging, dan lebih sedikit daging olahan,” kata dr David Katz, spesialis Terapi Upaya Mencegah dan Cara Hidup yang mendirikan organisasi nirlaba True Health Initiative, sebuah Kerja Sama Politik Internasional Di para ahli yang berdedikasi Ke Terapi Cara Hidup berbasis bukti.

Walaupun Studi ini bersifat observasional Supaya tidak dapat Menunjukkan sebab dan akibat langsung, Tetapi kata dr Katz yang tak terlibat Di Studi tersebut, mengatakan temuan ini sepenuhnya konsisten Di banyak Studi lain mengenai pola makan Mediterania yang sekarang terkenal menyehatkan.

“Kami Mungkin Saja merasa nyaman menyimpulkan bahwa pola makan berkualitas tinggi memang ‘menyebabkan’ risiko kematian yang lebih rendah,” kata Katz.

Manfaat Lain Asupan Konsumsi Mediterania

Asupan Konsumsi Mediterania Memperoleh banyak manfaat ilmiah, Justru pola makan ala Mediterania dapat Mengurangi risiko kanker payudara, demensia, depresi, diabetes, kolesterol tinggi, dan kehilangan ingatan.

Kepatuhan Pada pola makan ini juga dapat membuat tulang lebih kuat, jantung lebih sehat, dan umur lebih panjang. Ini juga baik Sebagai menurunkan berat badan yang sehat.

Tetapi, Di semua data tersebut, hanya ada sedikit rincian mengenai dampak spesifik Asupan Konsumsi Mediterania Pada wanita, terutama Di jangka panjang. Hal ini penting, kata para ahli, Lantaran wanita bukan laki-laki.

Otak wanita bekerja secara berbeda Ke tingkat molekuler dibandingkan otak pria. Ukuran jantung wanita Mungkin Saja berbeda Di pria, dan wanita Memperoleh Tanda-Tanda serangan jantung yang sangat berbeda dibandingkan pria.

Wanita Justru memetabolisme alkohol dan Terapi-obatan secara berbeda dibandingkan pria. Ada perbedaan nyata Di menarche dan menopause, yang menciptakan berbagai risiko Kesejaganan khusus Bagi perempuan.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Ahli Ungkap Jenis Asupan Konsumsi Ini Bisa Bikin Wanita Hidup Lebih Lama