Aneh Tapi Nyata, Wanita Kena Penyakit Menyebar Paru-paru Langka usai Beri Makan Merpati


Jakarta

Seorang wanita Ke Bangkok Merasakan Penyakit Menyebar paru-paru Sesudah rutin memberi makan burung merpati. Malahan, wanita tersebut harus menjalani pembedahan.

Seorang Ahli Kebugaran spesialis Gangguan pernapasan, Manoon Leechawengwong, membagikan dan merinci Situasi Di pasien tersebut. Wanita berusia 52 tahun itu tinggal Ke Bangkok, sehat, dan tidak Memperoleh riwayat merokok atau Gangguan kronis.

Dikutip Di laman Thaiger, pasien juga tidak Memperoleh Tanda-Tanda Gangguan seperti batuk, demam, kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan, atau sakit kepala.


Pada pemeriksaan rutin tahunan Ke 12 Mei 2024, hasil rontgen Menunjukkan adanya massa kecil Mutakhir Ke lobus atas paru kanannya. Padahal, hasil rontgen Di pemeriksaan Ke tahun Sebelumnya masih normal.

Di CT scan Menunjukkan ada massa berukuran 0,9 x 0,9 x 1,7 cm, Didalam rongga Ke dalamnya. Tes darah juga memastikan bahwa wanita tersebut tidak mengidap HIV.

Sebab mencurigai adanya kanker paru-paru, Ahli Kebugaran melakukan operasi Sebagai menghilangkan massa tersebut Ke 22 Mei Ke Fasilitas Medis terdekat. Akan Tetapi, Di laporan patologi mengidentifikasi massa tersebut sebagai cryptococcal pneumonia, yang disebabkan jamur Cryptococcus Neoformans.

Di empat hari setelahnya, tes darah Sebagai antigen Cryptococcus Menunjukkan hasil positif Didalam titer 1:8. Mengetahui kondisinya, pasien memulai Terapi Didalam Terapi antijamur flukonazol.

Sebagai mengetahui penyebabnya, Ahli Kebugaran bertanya Yang Berhubungan Didalam lingkungan tempat wanita itu tinggal. Ia hidup Ke Area yang banyak merpati dan sering memberinya makan.

Wanita itu menghirup spora Di kotoran merpati, yang menyebabkan Penyakit Menyebar jamur Ke paru-parunya. Untungnya, sistem kekebalan tubuhnya yang kuat mencegah Penyakit Menyebar menyebar Ke luar paru-parunya.

Ide pengobatannya termasuk mengonsumsi fluconazole oral Pada kurang lebih enam bulan. Dia disarankan Sebagai menghindari memberi makan merpati dan menjauh Di tempat berkumpulnya merpati.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Aneh Tapi Nyata, Wanita Kena Penyakit Menyebar Paru-paru Langka usai Beri Makan Merpati