Apakah Air Kelapa Bermanfaat Sebagai Menurunkan Trigliserida? Ini Penjelasannya

Jakarta

Menjaga kadar kolesterol tetap normal penting dilakukan Sebagai mencegah risiko Gangguan kardiovaskular dan jantung.

Selain kolesterol, kadar trigliserida Untuk darah juga harus diperhatikan. Trigliserida adalah sejenis lipid (lemak) yang ada Untuk darah. Dikutip Untuk Mayo Clinic, zat ini berfungsi menyimpan kalori dan menyediakan energi Sebagai tubuh.

Akan Tetapi jika kadarnya terlalu tinggi Ke Untuk tubuh, trigliserida dapat Meningkatkan risiko berbagai macam Gangguan berbahaya, seperti diabetes, jantung koroner, hingga stroke.


Karenanya, penting Sebagai menjaga kadar trigliserida tetap normal dan tidak melebihi batas. Nah, salah satu cara yang disebut efektif menurunkan trigliserida adalah Di mengonsumsi air kelapa.

Lantas, apa benar manfaat air kelapa bisa menurunkan kadar trigliserida Untuk darah?

Dikutip Untuk Healthline, air kelapa diyakini Memperoleh properti yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan trigliserida Untuk darah.

Ke 2008, ilmuwan melakukan Eksperimen Ke tikus Sebagai menganalisa dampak air kelapa Di lemak dan kolesterol. Untuk percobaan itu, tikus diberikan air kelapa Untuk dosis tinggi (4 ml per 100 gram berat badan) Pada 45 hari.

Peneliti menemukan tikus yang diberi air kelapa Merasakan penurunan kolesterol dan trigliserida yang serupa Di efek Terapi statin. Statin adalah salah satu Terapi yang umum digunakan Sebagai menurunkan kadar kolesterol.

Perlu diingat, Eksperimen ini menggunakan air kelapa Di dosis tinggi. Jika diterapkan Ke manusia Di berat badan 68 kg, itu setara mengonsumsi 2,7 liter air kelapa setiap hari.

Karenanya, masih dibutuhkan lebih banyak Eksperimen, terutama Ke subjek manusia, Sebagai bisa memastikan manfaat air kelapa Untuk menurunkan kadar trigliserida. Untuk pengidap trigliserida tinggi yang ingin menambahkan air kelapa Ke Untuk menu dietnya, sebaiknya berkonsultasi Di Praktisi Medis terlebih dahulu Sebagai mencegah efek Samping yang tidak diinginkan.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Apakah Air Kelapa Bermanfaat Sebagai Menurunkan Trigliserida? Ini Penjelasannya