Apakah Hemodialisis dan Cuci Darah Sama? Ini Penjelasannya

Hemodialisis merupakan salah satu istilah Untuk dunia Kesejaganan yang belum banyak diketahui orang. Istilah ini juga kerap dikaitkan Bersama cuci darah. Foto/Medical News Today

JAKARTA Hemodialisis merupakan salah satu istilah Untuk dunia Kesejaganan yang belum banyak diketahui orang. Istilah ini juga kerap dikaitkan Bersama cuci darah, Tetapi apakah kedua hal tersebut sama atau Memiliki perbedaan.

Di dasarnya hemodialisis adalah istilah lain Bersama cuci darah dan merujuk Di prosedur medis yang sama. Keduanya adalah terapi yang berfungsi menggantikan peran ginjal Untuk tubuh.

Umumnya, terapi medis ini dilakukan Dari pasien yang Merasakan masalah Di ginjal atau mengidap Gangguan ginjal kronis. Sebab fungsi utama Bersama ginjal adalah menyaring berbagai kotoran yang terdapat Untuk darah.

Penjelasan Hemodialisis

Hemodialisis atau cuci darah adalah prosedur Perawatan Medis Sebagai menyaring limbah dan air Bersama darah, dan membantu menyeimbangkan mineral penting. Seperti kalsium, kalium, natrium serta mengontrol tekanan darah.

Dirangkum Bersama berbagai sumber, Rabu (24/7/2024), terapi ini dilakukan Sebagai Memperbaiki Mutu hidup pengidap gagal ginjal, Tetapi tidak bisa menyembuhkan gagal ginjal.

Jika pasien gagal ginjal tidak melakukan transplantasi, maka prosedur ini perlu Sebagai dilakukan secara rutin. Perawatan Medis ini dibantu Bersama mesin khusus Sebagai menggantikan ginjal yang rusak Untuk melakukan penyaringan darah. Artinya, mesin ini merupakan ginjal artifisial.

Cara kerja hemodialisis adalah dimulai Bersama memasukkan jarum Hingga pembuluh darah pasien, guna menghubungkan aliran darah tubuh Hingga mesin pencuci darah. Lalu, darah kotor Berencana disaring Untuk mesin.

Berikutnya, limbah Bersama darah Berencana berpindah melewati proses pembuangan mesin dialisis. Sedangkan, darah yang disaring tetap berada Hingga filter dan nantinya Berencana dialirkan kembali Hingga tubuh pasien.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Apakah Hemodialisis dan Cuci Darah Sama? Ini Penjelasannya