Apakah Mengonsumsi Daun Singkong Berlebihan Menyebabkan Kadar Asam Urat Naik?

Mengonsumsi daun singkong berlebihan dipercaya bisa menyebabkan kadar asam urat naik. Daun ini adalah salah satu bahan Konsumsi yang populer termasuk Indonesia. Foto/Istock Photo Supersmario

JAKARTA – Mengonsumsi daun singkong berlebihan dipercaya bisa menyebabkan kadar asam urat naik. Daun ini adalah salah satu bahan Konsumsi yang populer Ke berbagai Bangsa tropis, termasuk Indonesia.

Daun singkong sering digunakan Di berbagai hidangan tradisional Lantaran kandungan nutrisinya yang tinggi. Akan Tetapi, ada kekhawatiran mengenai konsumsi daun singkong secara berlebihan dan hubungannya Bersama kadar asam urat Di tubuh.

Ke dasarnya daun singkong kaya Akansegera berbagai Konsumsi Bergizi, seperti protein, serat, vitamin (A, B1, B2, C), mineral (kalsium, fosfor, zat besi), dan antioksida. Akan Tetapi, daun singkong juga mengandung purin, yang merupakan senyawa alami Di Konsumsi yang dapat dipecah menjadi asam urat Ke Di tubuh.

Daun singkong mengandung purin, Walaupun Di jumlah yang relatif Di dibandingkan Bersama beberapa sumber Konsumsi lainnya. Mulai Di daging merah, jeroan, dan beberapa jenis ikan.

Akan Tetapi, jika dikonsumsi Di jumlah berlebihan, purin yang terkandung Di daun singkong dapat berkontribusi Ke peningkatan kadar asam urat Di darah. Untuk mereka yang Memperoleh masalah atau risiko tinggi asam urat, disarankan Sebagai berkonsultasi Bersama profesional Kesejaganan Sebelumnya menambahkan daun singkong Hingga Di Asupan Konsumsi mereka secara rutin.

Asam urat sendiri merupakan produk akhir Di metabolisme purin. Di Situasi normal, asam urat Akansegera dikeluarkan Di tubuh Melewati urine.

Akan Tetapi, jika tubuh memproduksi asam urat Di jumlah yang berlebihan atau ginjal tidak mampu Menerbitkan asam urat secara efektif, kadar asam urat Di darah dapat Meresahkan. Situasi ini dikenal sebagai hiperurisemia, yang dapat menyebabkan Penyakit asam urat.

Cara Mengonsumsi Daun Singkong Bersama Aman Sebagai Mencegah Asam Urat

Berikut cara mengonsumsi daun singkong Bersama aman Sebagai mencegah kadar asam urat Di darah naik dilansir Di Times of India, Selasa (4/6/2024).

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Apakah Mengonsumsi Daun Singkong Berlebihan Menyebabkan Kadar Asam Urat Naik?