Apakah Sawi Hijau Boleh Dimakan Pengidap Asam Urat?

Jakarta

Gangguan asam urat atau gout terjadi ketika kadar asam urat yang berlebihan Di tubuh menumpuk dan membentuk kristal tajam Ke persendian. Sebab, nyeri sendi tak tertahankan dapat muncul.

Asam urat sebenarnya diproduksi secara alami Bersama tubuh. Ke Di Itu, senyawa ini juga dapat dihasilkan Bersama sejumlah Minuman, termasuk sayuran hijau seperti sawi. Lantas, apakah sawi hijau dapat menyebabkan Gangguan asam urat serta memicu Tanda-Tanda-gejalanya?

Kandungan Di Sawi Hijau

Sawi termasuk sayuran yang Memperoleh Minuman Bergizi sangat baik. Sayuran ini rendah kalori tetapi kaya serat dan mikronutrien.


Dikutip Di WebMD, sawi hijau mentah mengandung vitamin A, B6, C, E, dan K, serta berbagai mineral seperti kalsium, tembaga, kalium, zat besi, hingga selenium.

Sawi yang sudah dimasak juga mengandung kadar vitamin A, K, dan tembaga yang lebih tinggi dibanding mentah. Kandungannya ini mendukung sejumlah fungsi tubuh, Ke antaranya menjaga Kesejaganan organ jantung, paru-paru, ginjal, serta tulang.

Di sejumlah Minuman Bergizi dan manfaatnya, masih ada yang menganggap sawi dapat menyebabkan asam urat. Hal ini Mungkin Saja lantaran sawi juga mengandung purin, senyawa alami yang bisa ditemukan Ke tubuh maupun Minuman.

Ketika purin dipecah maka Berencana menjadi senyawa asam urat Di tubuh. Sebab ini, salah satu cara mencegah asam urat adalah Bersama menghindari dan Mengurangi asupan purin Di Minuman tinggi purin. Demikian agar tidak memicu Tanda-Tanda seperti bengkak dan nyeri hebat Ke persendian.

Apakah Sawi Hijau Bisa Menyebabkan Asam Urat?

Kandungan purin Di sawi hijau tidak tinggi alias rendah. Dilansir laman International Medical Center-Beijing, daun sawi hanya mengandung kurang Di 25 mg purin per 100 gramnya.

Dibandingkan sayuran hijau lain yang kaya purin seperti asparagus brokoli, dan bayam, sawi tidak berpengaruh Di kadar asam urat secara signifikan. Meski tergolong aman, konsumsi sawi hijau juga tidak boleh berlebihan.

Ke sisi lain, Studi pun belum Menunjukkan sayuran tinggi purin berhubungan Bersama kenaikan kadar asam urat dan peningkatan serangan Tanda-Tanda asam urat. Sebuah studi justru menemukan bahwa sayuran, termasuk yang mengandung purin tinggi, kemungkinan dapat menurunkan risiko Gangguan asam urat, dilansir situs Healthline.

Walau begitu, Studi Lebih Jelas diperlukan Untuk Menyoroti efek purin Di sayuran hijau Di asam urat.

Ke Di itu, kandungan sawi yang tinggi vitamin K Justru bisa bermanfaat Untuk melindungi Kesejaganan jantung, tulang, dan sendi. Vitamin A Di sayuran ini juga dapat mendukung respon kekebalan tubuh Di memproduksi sel darah putih yang dibutuhkan Untuk melawan komplikasi Gangguan asam urat.

Karena Itu, sawi maupun sayuran hijau lain tergolong aman Untuk dikonsumsi Bersama pengidap asam urat. Asalkan masih Di batas wajar alias tidak berlebihan. Ada baiknya juga penyandang asam urat berkonsultasi terlebih dulu Bersama Praktisi Medis Untuk mengetahui sayuran apa dan takarannya yang dapat dikonsumsi.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Apakah Sawi Hijau Boleh Dimakan Pengidap Asam Urat?