ASI Bubuk Disorot IDAI, Sebut Pemberiannya Bikin Hilang Bonding Ibu dan Anak


Jakarta

Pemberian Air Susu Ibu (ASI) kepada bayi merupakan kewajiban sang Ibu Untuk memenuhi kebutuhan anak Untuk masa tumbuh kembangnya. Di Untuk ASI sendiri terkandung beberapa zat baik seperti vitamin, protein, lemak, karbohidrat, dan mineral penting lainnya.

Ketua Satgas ASI Ikatan Praktisi Medis Anak Indonesia (IDAI), dr Naomi Esthernita Fauzia Dewanto, Sp.A(K) mengatakan selain pemberian ASI, kedekatan emosional Antara anak dan Ibu harus terjalin. Kedekatan emosional ini bisa dibentuk salah satunya Pada Ibu Menyediakan ASI secara direct breastfeeding.

“Rekomendasinya tetap direct breastfeeding, Sebab menyusui itu bukan sekadar memberi ASI. (Kedekatan emosional) itu penting sekali dan ASI fresh sangat beda Bersama ASI yang sudah dibekukan, diproses macam-macam, tentunya lebih bagus ASI fresh dong,” ujar dr Naomi kepada detikcom, Kamis (16/5/2024).


“Menyusui itu bonding ikatan Ibu Bersama anak. Kalau Di ilmu Keadaan anak ada yang namanya ‘asah asih asuh’, itu dapat semua Bersama kita menyusui langsung,” sambungnya.

dr Naomi juga Menyediakan responsnya Yang Berhubungan Bersama Tren ASI bubuk yang Lagi ramai diperbincangkan Di media sosial. Menurutnya, IDAI tidak merekomendasikan hal ini, Sebab Di Indonesia sendiri masih belum ada Keahlian pengolahan yang aman, ditakutkan ASI tersebut justru mengandung banyak patogen.

“Sebab kita belum punya yang jelas kan bagaimana safety-nya. Mungkin Saja Keahlian sudah maju, tapi kalau (ASI) mau diberikan Di si bayi, apalagi bayi Di bawah satu tahun, Di bawah 6 bulan itu kan harus benar-benar safe,” tegasnya.

Agar, Untuk Pada ini, IDAI masih merekomendasikan kepada para Ibu yang Lagi aktif menyusui bayinya Untuk menggunakan cara konvensional, yakni menyusui secara langsung.

“Tetap direct breastfeeding nomor satu. Kita harus Menyediakan mindset bahwa direct breastfeeding is the best. Bahwa yang perlu diingat, menyusui bukan sekadar memberi ASI, itu saja kuncinya,” pungkas dr Naomi.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: ASI Bubuk Disorot IDAI, Sebut Pemberiannya Bikin Hilang Bonding Ibu dan Anak