Bisnis  

Bea Cukai Fasilitasi Perdagangan Keluar Negeri Cerutu Tembus Pasar Thailand dan Jepang

Bea Cukai Yogyakarta memfasilitasi kegiatan Perdagangan Keluar Negeri cerutu Dari PT Taru Martani 1918, Senin (24/6/2024). Produk yang diekspor berupa 1.600 batang cerutu Ke Phuket, Thailand, dan 4.050 pak cerutu Ke Hyogo, Jepang. Foto/Dok. SINDOnews

YOGYAKARTABea Cukai Yogyakarta memfasilitasi kegiatan Perdagangan Keluar Negeri cerutu Dari PT Taru Martani 1918, Senin (24/6/2024). Perusahaan milik Pemprov DIY tersebut mencatatkan nilai transaksi Perdagangan Keluar Negeri sebesar Rp170 juta.

Produk yang diekspor berupa 1.600 batang cerutu Ke Phuket, Thailand, dan 4.050 pak cerutu Ke Hyogo, Jepang. “Pengiriman cerutu Ke Phuket dilakukan Lewat bandar udara Yogyakarta International Airport sedangkan pengiriman Ke Jepang dilakukan Lewat Pelabuhan Tanjung Emas Semarang,” kata Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Yogyakarta Riri Riani Di siaram pers, Senin (15/7/2024).

Riri mengatakan, berdasarkan Peraturan Pejabat Tingginegara Keuangan (PMK) Nomor 59/PMK.04/2017 tentang Tidak Dipungut Cukai, Produk kena cukai (BKC) yang diekspor dapat menggunakan fasilitas tidak dipungut cukai. Pengeluaran dan pengangkutan BKC Di tujuan Perdagangan Keluar Negeri Di pabrik atau tempat penyimpanan Ke kawasan pabean Di pelabuhan Perdagangan Keluar Negeri, wajib menggunakan dokumen cukai berupa pemberitahuan mutasi BKC (dokumen CK-5).

“Perdagangan Keluar Negeri cerutu tanpa pita cukai memerlukan kelengkapan CK-5 sebagai dokumen pelindung pengangkutan hasil tembakau Di gudang Ke pelabuhan muat Perdagangan Keluar Negeri,” jelasnya.

Bea Cukai Yogyakarta melaksanakan pengawasan atas kegiatan Perdagangan Keluar Negeri cerutu tersebut Di turut membantu kelengkapan administrasi Perdagangan Keluar Negeri. Termasuk penyegelan Di setiap boks yang Berencana diekspor Sebagai menjamin bahwa BKC tersebut benar-benar Sebagai diekspor.

(poe)

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: Bea Cukai Fasilitasi Perdagangan Keluar Negeri Cerutu Tembus Pasar Thailand dan Jepang