Beda Kaca Tempered dan Laminated Untuk Kendaraan Pribadi

Daftar Isi



  • Beda kaca tempered dan laminated

  • Cara merawat kaca tempered dan laminated agar tetap awet

Kaca Ke Kendaraan Pribadi punya banyak fungsi, termasuk sebagai ruang visibilitas sopir dan penumpang Ke luar kabin, melindungi Di benturan benda Foreign Pada berkendara, Memangkas efek panas matahari, menangkal hujan dan menjaga Kepribadian. Selain transparan, kaca juga mesti kuat sebagai perlindungan dan aman agar tak Karena Itu sumber malapetaka ketika terjadi kecelakaan. 

Tidak semua jenis kaca bisa dipasangkan Ke Kendaraan Pribadi. Setidaknya terdapat dua jenis kaca yang umum digunakan Dari pabrikan Kendaraan Pribadi, yakni kaca tempered dan laminated. Keduanya Memiliki keunggulannya sendiri-sendiri, Untuk itu setiap pabrikan punya standar sendiri soal kaca yang dipasangkan Ke Kendaraan Pribadi produksinya.

Kaca tempered sudah ada Dari tahun 1660, Tetapi Terbaru Ke 1874 seseorang berkewarganegaraan Prancis, Francois Barthelemy Alfred Royer de la Bastie, mengajukan hak patennya. Kaca tempered ini Memiliki bentuk seperti air mata atau butiran jagung.

Sedangkan kaca laminated Terbaru ditemukan Ke 1903 Dari seorang ahli kimia asal Perancis, Edouard Benedictus. Kaca ini memanfaatkan sebuah lapisan tertentu yang diletakkan Ke Di dua buah kaca. Adanya lapisan inilah yang membuat kaca tidak langsung berhamburan Pada pecah.

Beda kaca tempered dan laminated

Selain kaca tempered dan laminated, sebenarnya masih terdapat satu jenis kaca Kendaraan Pribadi lagi, yakni kaca partially tempered. Berbeda Di tempered maupun laminated, kaca partially tempered ini cukup jarang digunakan. Dilansir Di UK Car Glass, berikut ini perbedaan Di kaca tempered Di kaca laminated yang digunakan Ke Kendaraan Pribadi:

Penggunaan

Kaca tempered Ke umumnya digunakan Ke Pada sisi Samping dan juga Pada Di Kendaraan Pribadi. Sedangkan kaca laminated lebih sering digunakan Ke Pada Di Kendaraan Pribadi.

Konstruksi

Ditempa Di suhu mencapai 650 derajat celcius membuat kaca tempered Memiliki konstruksi sangat keras. Kaca ini Terbaru Berencana pecah jika Menyambut tekanan 1/6 Di ketebalannya. Ke Pada pecah, kaca ini Berencana hancur menjadi butiran kecil seperti butiran jagung dan tidak tajam.

Kaca laminated dibentuk Di dua buah lapisan kaca dimana Ke Pada tengahnya terdapat sebuah lapisan Sinema elastis berjenis Polyvinyl Butiral Sinema atau PVB. Ke Pada pecah, lapisan Sinema ini Berencana menahan pecahan kaca, Agar kaca tidak Berencana mengenai pengemudi atau penumpang Ke Pada Di.

Perlindungan UV

Lantaran terdapat lapisan Sinema, maka kaca laminated juga mampu menolak paparan sinar ultraviolet (UV) hingga 96 persen. Berbeda Di kaca tempered yang tidak Memiliki lapisan Sinema, Agar pemilik kendaraan harus menambahkannya sendiri Untuk menghalau sinar matahari yang mengandung UV.

Kekuatan

Kaca tempered lebih kuat lima kali dibanding laminated, Agar kaca ini lebih susah dipecahkan.

Cara merawat kaca tempered dan laminated agar tetap awet

Keawetan Di dua jenis kaca ini erat kaitannya Di Penanganan yang dilakukan pemilik Kendaraan Pribadi. Berikut ini beberapa cara Untuk merawat kaca tempered dan laminated agar tetap awet.

Segera bersihkan noda

Meski terlihat sepele, Tetapi membersihkan noda sesegera Bisa Jadi ternyata bisa membuat kaca tempered dan laminated lebih awet serta tak lekas pudar. Membersihkan noda Di cara menyiramnya memakai air Datang dan lap Di kain kering secepatnya.

Gunakan lap bersih

Memastikan lap yang dipakai Untuk mengelap kaca Untuk Situasi bersih merupakan sebuah keharusan. Lantaran jika tidak, lap yang kotor Di debu atau kotoran lainnya justru bisa menimbulkan goresan Ke kaca.

Selalu keringkan kaca

Mengeringkan kaca Setelahnya dicuci merupakan sebuah keharusan, Lantaran jika tidak, sisa air yang tertinggal Berencana mengakibatkan deposit mineral atau kerap disebut jamur kaca yang bisa menyebabkan kaca menjadi kusam.

Cek karet wiper

Faktanya, Situasi karet wiper sangat memengaruhi Situasi Kendaraan Pribadi Anda. Karet wiper yang sudah aus sangat berbahaya Untuk kaca Kendaraan Pribadi. Selain tidak bisa menyapu air secara maksimal Ke Pada hujan, karet wiper aus juga Berencana membuat kaca tergores.

[Gambas:Video CNN]




Artikel ini disadur –> Cnnindonesia News: Beda Kaca Tempered dan Laminated Untuk Kendaraan Pribadi