Bisnis  

Berapa Biaya Pembangunan Kantor Kepala Negara Hingga IKN? Berikut Rinciannya

Pembangunan Gedung Kantor Kepala Negara Hingga IKN sudah rampung yang ditandai Didalam pemasangan terakhir bilah sayap garuda. Lalu berapakah biaya pembangunan kantor Kepala Negara Hingga IKN? Foto/Dok

JAKARTA – Pembangunan Gedung Kantor Kepala Negara Hingga Ibu Kota Nusantara ( IKN ) sudah rampung yang ditandai Didalam pemasangan terakhir bilah sayap garuda yang berada Hingga paling ujung struktur bangunan. Lalu, berapakah biaya pembangunan kantor Kepala Negara Hingga IKN?.

Pembangunan Kantor Kepala Negara Hingga bawah tanggung jawab Balai Prasarana Permukiman Daerah (BPPW) Kalimantan Timur Didalam kontraktor pelaksana PT PP – Wika KSO. Dana pembangunan kantor Kepala Negara Hingga IKN bersumber Didalam Dana Pendapatan Belanja Negeri atau APBN senilai Rp1,56 triliun.

Pembangunan Kantor Kepala Negara nantinya terdiri Didalam lobby utama, kantor atau ruang kerja Kepala Negara, ruang Pertemuan Tim Menteri Pembantu Presiden Tim Menteri, ruang drop off Kepala Negara, ruang audiensi, ruang Press conference, dan lobby penerimaan.

Sebagai informasi tambahan, pembangunan Bangunan Gedung Kantor Kepala Negara IKN Memperoleh nilai Perjanjian Rp1,5 triliun Didalam estimasi waktu pengerjaan Pada 720 hari kalender.

Sebelumnya Itu Pembantu Presiden Tim Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerangkan, pembangunan Kantor Kepala Negara telah dilakukan Kementerian PUPR Sebelum November 2022.

Desain Istana Kepala Negara Hingga IKN

Wujud Istana Kepresidenan Hingga ibu kota Terbaru didesain Didalam arsitek I Nyoman Nuarta, yang sekilas nampak seperti Garuda berwarna hijau yang Lagi mengepakkan sayapnya.

Hingga Di arsitektur Garuda terdapat bangunan yang dilapisi kaca berwarna hijau. Struktur bangunan itu berada Hingga atas sebuah gunungan bukit dan dipisahkan Didalam jalan.

Di Di jalan, terdapat pula bangunan Didalam atap yang ditutupi rerumputan hijau. Bangunan tersebut menghadap sebuah lapangan yang dilengkapi Bendera Merah Putih.

Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) terus berlangsung. Kepala Garuda resmi terpasang, Di Sabtu (29/6/2024). Pemasangan ini merupakan Pada akhir Didalam konstruksi bilah-bilah Garuda yang monumental.

Bilah-bilah Garuda karya Nyoman Nuarta ini menjadi simbol Didalam Kantor Kepala Negara Hingga Nusantara yang Berencana menjadi warisan Untuk generasi mendatang. Di Pada gedung dilengkapi Didalam modul bilah sebanyak 4.650 bilah yang nantinya Berencana membentuk lambang burung garuda yang menjadi facade Didalam gedung Kantor Kepala Negara.

Konstruksi Kantor Kepala Negara Hingga IKN

Material yang digunakan Di bilah Garuda terbuat Didalam weathering steel, yaitu jenis baja yang Konsisten cuaca dan korosi. Baja ini berkekuatan tinggi yang dirancang Untuk Menyusun lapisan oksida mirip karat yang melindungi permukaannya, tanpa memerlukan Pewarna tambahan.

Baja ini membentuk lapisan karat alami Untuk waktu 6 bulan yang justru mencegah korosi Lebih Jelas Didalam ketahanan korosi 4-8 kali lebih baik dan kekuatan mekanik 30% lebih tinggi dibanding baja karbon konvensional. Weathering steel tidak memerlukan Pewarna atau Penanganan berkala.

“Lantaran estetika unik dan daya tahannya baja ini menjadi pilihan Kandidatteratas Untuk arsitektur dan Karyaseni luar ruangan, Lantaran menjadikan setiap struktur lebih Konsisten lama dan menawan,” jelas Kementerian PUPR seperti dkutip Didalam laman IG resminya.

Produk Lokal

Pembantu Presiden Tim Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memastikan, pembangunan Istana Kepala Negara Hingga Ibu Kota Nusantara (IKN) 100% bakal menggunakan produk Untuk negeri. Hal tersebut bertujuan agar pengusaha Untuk negeri, terutama produsen produk konstruksi, bisa Merasakan kue pembangunan atau keuntungan Didalam adanya pembangunan proyek ibu kota Terbaru.

“Untuk TKDN saya ingin terus Mendorong semangat kita menggunakan TKDN atau produk Untuk negeri, Istana Kepala Negara, Kantor Kepala Negara insyaAllah 100% interiornya Berencana memakai produk Untuk negeri,” ujar Pembantu Presiden Tim Menteri Basuki, (3/11/2023).

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: Berapa Biaya Pembangunan Kantor Kepala Negara Hingga IKN? Berikut Rinciannya