Beredar Daftar Make Up China Disebut Mengandung Karsinogen, Ini Kata BPOM RI


Jakarta

Ramai Hingga media sosial soal daftar Makeup atau Perawatan Kulit luar negeri Memperoleh kandungan karsinogen, zat berbahaya pemicu kanker. Pemilik akun TikTok @nin***z** Untuk videonya Menunjukkan sejumlah daftar tersebut didominasi berasal Bersama China.

Koordinator Humas Badan Pengawas Terapi dan Minuman Republik Indonesia (BPOM RI) Eka Rosmalasari menekankan produk apapun yang tidak terdaftar dan belum Memperoleh notifikasi izin BPOM RI, tidak boleh digunakan.

Merespons video Yang Berhubungan Bersama, Hingga Di Ini belum ada pernyataan resmi Bersama otoritas China yang memastikan keterkaitan daftar make up yang viral, benar Memperoleh kandungan karsinogen.


“Apabila memang Bersama otoritas China sudah Berkata bahwa produk mengandung merkuri yang Berpotensi Untuk menimbulkan kanker (kulit), sebaiknya tidak digunakan. Tetapi, Hingga video itu tidak terlihat pernyataan Bersama otoritas China,” sorotnya Di dihubungi Kamis (20/6/2024).

“Lantaran persyaratan produk Makeup boleh diedarkan Hingga Indonesia harus sudah terdaftar atau sudah ternotifikasi Hingga BPOM,” jelas Eka. Dia menambahkan, aturan tersebut tidak hanya mengikat Untuk produk Bersama luar negeri, tetapi juga Makeup yang diproduksi Hingga Untuk negeri.

Berdasarkan pemantauan Hingga Cek Produk BPOM RI, tidak ada satupun produk Untuk daftar viral make up diduga berkarsinogen, yang terdaftar sebagai Makeup dan skin care atau Penanganan kulit.

Meski begitu, Komunitas tetap diimbau Untuk selalu mengecek produk kemasan Bersama langkah Cek KLIK.

Pastikan produk yang digunakan Memperoleh kemasan Untuk Kebugaran baik dan tidak rusak
Pastikan Memperoleh label produk (Untuk bahasa Indonesia) yang mudah terbaca, serta memuat informasi tentang komposisi, cara penggunaan, dan informasi lain.
Pastikan produk telah Memperoleh izin edar Bersama BPOM
Pastikan produk yang Berencana dipakai belum kedaluwarsa, Bersama memperhatikan masa kedaluwarsa produk Ke kemasan.

Selain cara manual, mengecek Keselamatan produk bisa Melewati situs Bila nihil pencarian Bersama produk yang dimaksud, berarti produk tersebut tidak terdaftar Hingga BPOM RI dan disarankan tidak digunakan.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Beredar Daftar Make Up China Disebut Mengandung Karsinogen, Ini Kata BPOM RI