Bikin Penasaran, Ternyata Ini Alasan Batu Ginjal Bisa Berbentuk Seperti Jahe


Jakarta

Perkara Hukum Hukum temuan batu ginjal yang berbentuk seperti jahe sempat viral dan membuat warganet penasaran. Apa sih yang membuat batu ginjal bisa berbentuk jahe?

Spesialis urologi Didalam RS Siloam Asri Prof dr Nur Rasyid, SpU mengatakan bentuk batu ginjal seperti jahe dipengaruhi struktur ginjal itu sendiri. Ginjal Memperoleh sejumlah ruangan yang jika terdapat batu ginjal yang menumpuk Ke sana, bentuknya bisa menyerupai jahe.

“Ginjal itu adanya Ke pinggang, ada ruangan-ruangannya seperti jahe. Didalam Sebab Itu kalau itu terbentuk, umumnya ya Ke ruangan itu,” ujar dr Nur Rasyid Untuk temu media Ke Jakarta Pusat, Rabu (5/6/2024).


Urolog yang juga berpraktik Ke RS Cipto Mangunkusumo ini menambahkan kerap kali orang yang Memperoleh batu ginjal Justru sebesar jahe pun bisa tidak merasakan Tanda-Tanda.

“Didalam Sebab Itu kalau tanya Tanda-Tanda, kalau batu nggak menyumbat nggak ada keluhan. Batu segede jahe, minum walaupun urine 2,5 liter kalau belum menyumbat ya nggak ada Tanda-Tanda,” tuturnya.

Lantas, bagaimana mengetahui potensi batu ginjal?

Kata dr Nur Rasyid, salah satu cara mendeteksi batu ginjal adalah Didalam melakukan pemeriksaan rutin Didalam cek USG. Sayangnya pengecekan risiko batu ginjal Didalam USG masih jarang dilakukan kecuali Didalam Situasi khusus.

Adapun faktor risiko yang Memperbaiki risiko batu ginjal Di lain:

  • Riwayat Kesejajaran keluarga
  • Kurang mengkonsumsi air putih Agar proses pelarutan mineral Untuk urine menurun
  • Mengonsumsi Citarasa Didalam kandungan garam berlebih
  • Obesitas
  • Konsumsi Nutrisi Tambahan atau Terapi-obatan tertentu

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Bikin Penasaran, Ternyata Ini Alasan Batu Ginjal Bisa Berbentuk Seperti Jahe