Bisa Begini Dampaknya Jika Tak Buang Air Kecil usai Bercinta

Jakarta

Ada beberapa “ritual” wajib yang perlu dilakukan Sesudah berhubungan intim, mulai Di mencuci tangan, membersihkan alat kelamin, dan lainnya. Melakukan hal tersebut bertujuan Bagi menjaga diri tetap bersih dan mencegah penyebaran bakteri atau Patogen.

Tak hanya itu, pasangan suami istri juga dianjurkan Bagi buang air kecil Sesudah bercinta. Apa sih alasannya?

Dikutip Di Business Insider, tidak buang air kecil Sesudah bercinta dapat Meningkatkan risiko Penyakit Menyebar saluran kemih (ISK), khususnya Ke wanita. Profesor obstetri dan ginekologi Di New York University, dr Frederick Naftolin menjelaskan wanita Ke dasarnya Memiliki risiko lebih tinggi terkena ISK.


Hal ini lantaran posisi vagina berdekatan Di uretra dan anus. Uretra adalah saluran yang berfungsi Menerbitkan urine Di Di tubuh.

Wanita umumnya Memiliki uretra yang lebih pendek dibandingkan pria. Hal ini membuat bakteri yang ada Di anus dapat berpindah Di mudah Di uretra, dan Sesudah Itu masuk Di kandung kemih.

Lalu, kenapa tidak buang air kecil bisa Meningkatkan risiko ISK? Naftolin mengatakan Di berhubungan intim, bakteri yang ada Di vagina atau rektum dapat lebih mudah masuk Di uretra.

“Di orang melakukan hubungan intim atau Justru foreplay, gesekan Di Disekitar uretra Berencana membuatnya meradang, dan uretra mulai Menerbitkan pelumas dan cairan sebagai respons. Cairan tersebut Sesudah Itu menjadi medium Bagi bakteri Bagi masuk Di sana (uretra),” ungkapnya.

Apakah Pria Juga Perlu Buang Air Kecil Sesudah Bercinta?

Naftolin menuturkan meski pria juga dianjurkan Bagi buang air kecil Sesudah bercinta, mereka tidak perlu selalu melakukannya. Sebab, pria Memiliki urethra yang lebih panjang dibandingkan wanita.

“Mereka (pria) Memiliki saluran yang lebih panjang Antara Dibagian luar dan kandung kemih, Karena Itu mereka jarang terkena ISK,” kata Naftolin.

Kendati demikian, pria berisiko Merasakan kanker prostat akibat seks. Ini terjadi ketika penis sering Merasakan kontak Di anus, misalnya Di melakukan seks anal. Karenanya, Naftolin menyarankan Bagi menggunakan kondom Pada bercinta Bagi menghindari Penyakit Menyebar.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Bisa Begini Dampaknya Jika Tak Buang Air Kecil usai Bercinta