Bisnis  

Daya Saing Digital RI Di Tiap Lokasi Menunjukkan Gaya Positif

Daya saing digital setiap Lokasi Di Indonesia terus Menunjukkan Gaya positif. FOTO/iStock

JAKARTA – Daya saing digital setiap Lokasi Di Indonesia terus Menunjukkan Gaya positif. Hal itu terlihat Bersama skor East Ventures–Digital Competitiveness Index (EV-DCI) 2024 sebesar 38,1.

Skor ini Menimbulkan Kekhawatiran Di skor tahun-tahun Sebelumnya Itu, yaitu sebesar 35,2 Ke 2022 dan 37,8 Ke 2023. Ke EV-DCI 2024, 10 provinsi Bersama skor tertinggi masih didominasi Bersama provinsi Di pulau Jawa, seperti Ke Pangkat Di tahun Sebelumnya Itu.

Secara berurutan, 10 provinsi tersebut adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Di Yogyakarta, Banten, Bali, Kepulauan Riau, Kalimantan Timur, Sumatera Utara, dan Jawa Di. Keempat provinsi Di luar Pulau Jawa yang berada Di 10 besar ini secara konsisten dapat bersaing Bersama provinsi Di Pulau Jawa.

Skor EV-DCI 2024 tertinggi masih dipegang Bersama DKI Jakarta Bersama 78,2. Sambil Itu, Di posisi kedua dan ketiga ditempati Bersama Jawa Barat dan Jawa Timur Bersama skor 60,0 dan 52,3. Beberapa provinsi Di luar Jawa Merasakan peningkatan daya saing digital yang cukup baik. Keempat provinsi Di luar Pulau Jawa yang berada Di 10 besar ini secara konsisten dapat bersaing Bersama provinsi Di Pulau Jawa.

Skor EV-DCI 2024 tertinggi masih dipegang Bersama DKI Jakarta Bersama 78,2. Sambil Itu, Di posisi kedua dan ketiga ditempati Bersama Jawa Barat dan Jawa Timur Bersama skor 60,0 dan 52,3. Beberapa provinsi Di luar Jawa Merasakan peningkatan daya saing digital yang cukup baik.

“Melebarnya nilai spread dipengaruhi Bersama berbagai faktor, Antara lain perbedaan laju pembangunan digital masing-masing provinsi, serta perlambatan pembangunan yang dipengaruhi Bersama faktor ekonomi makro yang memengaruhi daya beli Kelompok,” kata Co-Founder dan Managing Partner East Ventures Willson Cuaca, Di Jakarta, Kamis (22/5/2024).

Dia mengatakan EV-DCI 2024 menyajikan data daya saing digital Di 38 provinsi dan 157 kota/kabupaten Di Indonesia. Laporan Kajian EV-DCI 2024 merupakan pemetaan daya saing digital Indonesia Bersama tema ‘Mewujudkan kedaulatan digital Indonesia’. Kedaulatan digital menjadi salah satu aspek penting Sebagai suatu Bangsa dapat memaksimalkan perkembangan Transformasi Digital Di negaranya Sebagai menjadi Kendaraan Bermotor Roda Dua peningkatan Keadaan, tidak terkecuali Sebagai Indonesia.

“Kami berharap laporan ini dapat menjadi bahan acuan dan fondasi Untuk setiap pihak Yang Terkait Bersama Di terus membangun ekosistem digital Indonesia,” jelasnya.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: Daya Saing Digital RI Di Tiap Lokasi Menunjukkan Gaya Positif