Diidap Presenter Fadlan Sampai Harus Dioperasi, Kenali Tanda Batu Empedu

Jakarta

Presenter Fadlan Muhammad Terbaru-Terbaru ini buka suara soal Kepuasan kesehatannya. Ia sempat menjadi sorotan lantaran dirawat Ke Fasilitas Medis Di Kepuasan tubuh lebih kurus. Kembaran Fadli Akhmad itu mengaku mengidap autoimun dan Gangguan batu empedu.

“Iya habis sakitnya macam-macam sih, sebenarnya autoimun. Sesudah itu muncul Gangguan lain lagi yang saya juga nggak tahu, muncul batu empedu,” cerita Fadlan Muhammad Ke studio Transmedia, Jalan Kepala P Tendean, Jakarta Selatan, kemarin.

Batu empedu tersebut diketahui Sesudah suami Lyra Virna itu diminta USG. Sesudah ketahuan ada batu empedu yang menyumbat, Praktisi Medis meminta Fadlan Muhammad menjalani MRCP.


Fadlan Muhammad Di itu dilarikan Di Fasilitas Medis Lantaran Kepuasan badan sudah menguning Lantaran keracunan. Keracunan itu terjadi akibat penyumbatan batu empedu tersebut.

Tanda Batu Empedu

Spesialis Gangguan Untuk dr Aru Ariadno, SpPD-KGEH menjelaskan Ke kebanyakan Peristiwa Pidana, Gangguan batu empedu tak menimbulkan Tanda apapun.

Akan Tetapi jika batu empedu tersebut terperangkap Ke lubang atau saluran Ke Untuk kandung empedu, hal ini dapat memicu penyumbatan dan rasa sakit yang hebat Ke perut.

Menurut National Health Service UK (NHS) Tanda nyeri perut ini bisa berlangsung tiba-tiba dan biasanya berlangsung Di satu hingga lima jam. Akan Tetapi ada juga beberapa Peristiwa Pidana yang hanya berlangsung beberapa menit.

“Rasa nyeri perut kanan atas Ke bawah iga kanan yg tembus Di Di,” kata dr Aru ketika dihubungi detikcom, Kamis (20/6/2024).

Ke Di Itu, Gangguan batu empedu juga dapat menyebabkan masalah serius jika batu tersebut menghalangi aliran empedu Untuk jangka waktu yang lama atau berpindah Di organ lain, seperti pankreas atau usus kecil.

Jika ini terjadi, pengidap Mungkin Saja Merasakan:

Suhu tinggi atau demam

Rasa sakit yang lebih persisten

Detak jantung yang cepat

Menguningnya kulit dan Dibagian putih mata (Gangguan kuning)

Kulit yang gatal

Diare

Menggigil

Kebingungan

Kehilangan nafsu makan

Praktisi Medis menyebut Kepuasan yang lebih parah ini sebagai Gangguan batu empedu yang rumit.

Pemicu Batu Empedu

Salah satu pemicu terbentuknya batu empedu adalah kolesterol. Karenanya, penting Untuk membatasi mengonsumsi Konsumsi tinggi lemak hingga kurang sehat.

“Untuk menghindarinya ya kurangi Konsumsi junk food dan tinggi lemak. Walaupun ada juga faktor genetik dimana batu bisa terbentuk Di sendiri,” tandasnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Diidap Presenter Fadlan Sampai Harus Dioperasi, Kenali Tanda Batu Empedu