Doyan Minuman Manis dan Berwarna Picu Gagal Ginjal? Kata Ahli Kemakmuran Sih Gini


Jakarta

Gagal ginjal merupakan sebuah Gangguan yang terjadi ketika ginjal sudah tidak bisa menjalankan fungsinya lagi. Fungsi ginjal meliputi menyaring limbah sisa metabolisme Untuk tubuh dan membuangnya Lewat urine.

Ketika gagal ginjal terjadi, kadar racun dan cairan berbahaya dapat mengendap Untuk tubuh dan berakibat fatal jika tidak ditangani. Salah satu kebiasaan yang kerap disebut menjadi pemicu gagal ginjal adalah sering minum minuman manis dan berwarna. Apakah itu tepat?

Ahli Kemakmuran spesialis Gangguan Untuk dr Tunggul D Situmorang, SpPD-KGH menjelaskan gagal ginjal merupakan Gangguan yang kompleks. Untuk Tindak Kejahatan kronis, Gangguan gagal ginjal umumnya tidak disebabkan Bersama faktor tunggal melainkan berbagai faktor kebiasaan dan lingkungan yang terjadi Lewat proses panjang.


“Umumnya Gangguan gagal ginjal kronis tidak ada penyebab tunggal. Gangguan ini proses berjalannya lama tapi progresif, ” kata dr Tunggul ketika berbincang Bersama detikcom.

“Bersama Sebab Itu nggak serta merta (disebabkan) Konsumsi atau minuman manis. Kalau Konsumsi manis, dia harus Lewat dulu diabetes atau tidak. Bersama Sebab Itu bukan gulanya meracuni ginjal,” sambungnya.

dr Tunggul mengingatkan bahwa kebiasaan minum manis dan berwarna tidak serta merta pasti membuat seseorang Merasakan gagal ginjal kronis. Kecuali, orang tersebut tidak sadar bahwa minuman berwarna yang sering dikonsumsi rupanya memang mengandung bahan yang berbahaya Sebagai ginjal.

Kandungan tersebut bisa saja membuat nefron yang ada Di ginjal perlahan-lahan rusak dan mengakibatkan gagal ginjal.

“Yang berbahaya zat toksiknya Sebagai ginjal. Kalau berwarna kadang kita nggak tahu pewarnanya apa, zat yang dipakai apa,” ujarnya.

Walaupun tidak serta merta membuat seseorang Merasakan gagal ginjal kronis, dr Tunggul mengingatkan konsumsi gula secara berlebihan berlebihan juga tidak diperkenankan Lantaran dapat Meningkatkan risiko diabetes. Perlu diketahui, diabetes merupakan salah satu faktor risiko gagal ginjal kronis yang harus diwaspadai.

Bersama Sebab Itu, konsumsi Konsumsi dan minuman manis masih diperkenankan asal tidak berlebihan.

“Perlu dipastikan apakah (pasien gagal ginjal kronis) itu Lantaran dia diabetes, hipertensi, bisa konsumsi Terapi-obatan tertentu, atau yang lain ya. Jangan seakan makan manis itu menjadi penyebab utama, tentu nggak, tapi bisa menjadi salah satu,” tandas dr Tunggul.

Berikut ini adalah beberapa faktor risiko gagal ginjal kronis yang perlu diwaspadai:

– Gangguan diabetes.

– Tekanan darah tinggi tidak terkontrol.

– Obesitas.

– Kebiasaan merokok.

– Riwayat Gangguan ginjal.

– Gangguan prostat.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Doyan Minuman Manis dan Berwarna Picu Gagal Ginjal? Kata Ahli Kemakmuran Sih Gini