Bisnis  

Dukungan Ketahanan Pangan Hingga 22 Juta Keluarga Dipastikan Berlanjut Di 2024, Berikut Rinciannya

Kepala Badan Ketahanan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi memastikan, Dukungan Ketahanan Pangan Berencana terus berlanjut sepanjang tahun 2024. Foto/Dok

JAKARTA – Kepala Badan Ketahanan Pangan Nasional (Bapanas) , Arief Prasetyo Adi memastikan, Dukungan Ketahanan Pangan Berencana terus berlanjut sepanjang tahun 2024. Disebut olehnya, ini dilakukan Untuk menunjang kebutuhan Ketahanan Pangan Kelompok yang harganya terus bergejolak.

“Kita pahami harga Ketahanan Pangan pokok itu selalu bergejolak, terlebih ada dampak El Nino yang menerpa Indonesia juga. Di Kebugaran tersebut, tentunya atas persetujuan Bapak Kepala Negara Joko Widodo, pemerintah kembali melanjutkan Dukungan Ketahanan Pangan beras Di tahun ini,” kata Arief Di keterangannya, Kamis (11/7/2024).

Lebih Jelas Kepala Bapanas menyampaikan bahwa langkah ini diambil sebagai bentuk penunjang ekonomi Di pemerintah kepada Kelompok berpendapatan rendah. Adapun paket Dukungan Ketahanan Pangan rencananya Berencana disalurkan Hingga 22 juta keluarga.

“Dukungan Ketahanan Pangan beras Di Bulog disalurkan Hingga 22 juta keluarga. Ini telah dipastikan terus berlanjut Di Agustus, Oktober, dan Desember, Supaya menambah periode Januari-Maret dan April-Juni,” ungkap Kepala Bapanas Arief.

“Di itu, total alokasi Dukungan Ketahanan Pangan beras Di 2024 ada 9 bulan. Tahun 2023 total alokasi Dukungan Ketahanan Pangan beras ada 7 bulan. Ini Meresahkan Untuk saudara-saudara kita yang memang sangat membutuhkan bantalan ekonomi,” tambahnya.

Untuk diketahui, kepastian Dana Untuk perpanjangan Langkah Dukungan Ketahanan Pangan telah diamini Pembantu Presiden Tim Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Di kesempatan Pertemuan Di Badan Dana Wakil Rakyat RI Di Senin (8/7/2024).

“Alokasi Dukungan beras dan Dukungan daging ayam dan telur yang Berencana diperpanjang 3 bulan yaitu Di Agustus, Oktober dan Desember. Untuk pembayarannya, ini Berencana menambah biaya Rp11 triliun,” kata Menkeu.

Realisasi penyaluran Dukungan Ketahanan Pangan beras sampai 10 Juli telah kian mendekati 100%. Untuk periode Januari-Maret, Bulog telah berhasil salurkan 657,7 ribu kilogram (kg) Di target 660 ribu kg.

Sambil periode April-Juni, distribusi Dukungan Ketahanan Pangan beras telah menyentuh total 634,1 ribu kg Di target 660 ribu kg. Di penunjang Ketahanan Pangan berupa beras 10 kg setiap bulannya, sedikit banyak dapat membantu Kelompok berpendapatan rendah Di pengeluaran konsumsi bulanan Kelompok.

Lebih Jelas, pemerintah bersama ID FOOD juga mengerjakan Dukungan Ketahanan Pangan penanganan stunting kepada 1,4 juta keluarga Di 7 provinsi. Paket Dukungan Ketahanan Pangan berupa daging ayam beku seberat 0,9 sampai 1 kg dan 10 butir telur ayam.

Ini merupakan Sustainability Langkah yang serupa Di tahun 2023. Realisasi sampai 5 Juli telah berhasil tersalurkan sebanyak 248.916 paket daging ayam dan 174.241 paket telur.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: Dukungan Ketahanan Pangan Hingga 22 Juta Keluarga Dipastikan Berlanjut Di 2024, Berikut Rinciannya