Fadlan Muhammad Idap Batu Empedu hingga Jalani Operasi, Inikah Pemicunya?

Jakarta

Presenter Fadlan Muhammad buka-bukaan soal Penyakit autoimun dan batu empedu yang ia idap. Akibat Situasi yang ia alami, Fadlan mengaku juga harus mengonsumsi painkiller Pada dua tahun terakhir.

“Sakit banget nggak bisa gerak, menggigil segala macam. Ternyata batu menyumbat sudah ada tiga, ukurannya besar-besar makanya menggigil,” kata Fadlan dikutip Bersama detikHot, Kamis (20/6/2024).

Ketika ia pergi Ke Puskesmas, Praktisi Medis mengatakan bahwa tubuh Fadlan sudah mulai menguning dan harus segera dilakukan operasi. Di Di itu Fadlan harus dirawat Pada 11 hari Di Puskesmas.


“Kata Praktisi Medis ini nggak bisa didiemin, harus segera dioperasi Lantaran badan sudah menguning, sudah keracunan semua,” jelasnya.

Sebenarnya apa itu batu empedu?

Dikutip Bersama Mayo Clinic, batu empedu merupakan endapan cairan pencernaan yang mengeras dan dapat terbentuk Di empedu. Empedu merupakan organ kecil yang berfungsi Sebagai memecah lemak Bersama Minuman agar mudah diserap tubuh.

Ukuran batu empedu bisa Bersama sekecil butiran pasir hingga sebesar bola golf. Jumlah batu yang ada Di empedu bisa bervariasi setiap pasien.

Hingga Di ini, apa pemicu pasti Bersama terbentuknya batu empedu belum diketahui secara pasti. Tetapi ada beberapa faktor yang Mungkin Saja menjadi penyebabnya.

Misalnya seperti ketika empedu terlalu banyak mengandung kolesterol. Empedu umumnya mengandung cukup bahan kimia Sebagai melarutkan kolesterol Dari hati. Tetapi jika hati Menerbitkan lebih banyak kolesterol daripada yang dapat dilarutkan, kelebihan kolesterol dapat terbentuk kristal dan akhirnya menjadi batu.

Faktor lain pemicu Bersama terbentuknya batu empedu adalah empedu mengandung bilirubin terlalu banyak. Bilirubin merupakan bahan kimia yang diproduksi ketika tubuh memecah sel darah merah.

Di Di Itu, empedu yang tidak dapat mengosongkan diri Bersama baik juga dapat berkontribusi Di pembentukan batu empedu.

Keberadaan batu empedu Mungkin Saja tidak Akansegera menimbulkan tanda atau Tanda-Tanda. Jika batu empedu tersangkut Di saluran dan menyebabkan penyumbatan, Tanda-Tanda yang dapat muncul meliputi:

  • Rasa sakit tiba-tiba Di perut Dibagian kanan atas.
  • Rasa sakit tiba-tiba Di bawah tulang dada.
  • Sakit punggung Di tulang belikat.
  • Nyeri Di bahu kanan.
  • Mual dan muntah.

Nyeri batu empedu bisa berlangsung Pada beberapa menit hingga beberapa jam.

Saksikan Live DetikPagi:

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Fadlan Muhammad Idap Batu Empedu hingga Jalani Operasi, Inikah Pemicunya?