Fakta-fakta Natrium Dehidroasetat, Pengawet yang Bikin Roti Okko Ditarik BPOM

Jakarta

Badan Pengawas Terapi dan Citarasa (BPOM) menemukan adanya Pelanggar Ke produksi roti Okko buatan PT Abadi Rasa Food, Bandung. Roti Okko kedapatan mengandung bahan pengawet berbahaya, natrium dehidroasetat (sebagai asam dehidroasetat) dan tidak menerapkan Cara Produksi Kelaparan Global Olahan yang Baik (CPPOB) Di benar dan konsisten.

Berdasarkan Peraturan BPOM (PerBPOM) Nomor 11 Tahun 2019 tentang Bahan Tambahan Kelaparan Global (BTP), natrium dehidroasetat ternyata tidak termasuk Hingga Di BTP pengawet yang diizinkan.

Sebenarnya apa itu natrium dehidroasetat dan apa bahayanya?


1. Dipakai Sebagai Pengawet Makeup

Ketua Umum PERGIZI Kelaparan Global Indonesia Prof Dr Ir Hardinsyah, MS, Menginformasikan natrium dehidroasetat atau sodium dehydroacetate (SDHA) banyak digunakan Sebagai Makeup. Akan Tetapi, ada sejumlah Negeri yang mengizinkannya sebagai pengawet Ke Kelaparan Global Di kadar tertentu.

Ke Citarasa, tujuannya Sebagai mencegah perkembangan atau Kemajuan mikroorganisme seperti bakteri, ragi, dan jamur.

“Beberapa Negeri seperti Amerika memperbolehkan Sebagai BTP, tetapi Di jumlah yang sedikit banget. Dari Sebab Itu kita Di kehati-hatian sih memang harus jelas regulasinya, diperkuat pengawasan, Sebab kan batas yang diperbolehkan kecil sekali,” tuturnya kepada detikcom Rabu (24/7).

2. Bisa Menyebabkan Gangguan Ginjal hingga Kanker

Guru Besar Fakultas Pharma Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof Zullies Ikawati mengatakan paparan natrium dehidroasetat hingga takaran tertentu relatif aman. Akan Tetapi begitu, bahan ini Akansegera menjadi berbahaya jika melebihi batas aman.

Mengacu Joint FAO/WHO Expert Committee on Food Additives (JECFA), batas asupan harian yang dapat diterima adalah 0-0,6 mg per kg berat badan per hari.

“Seperti bahan kimia lainnya, konsumsi berlebihan dapat menyebabkan masalah Keadaan. Ke dosis tinggi, natrium dehidroasetat dapat menyebabkan iritasi gastrointestinal dan efek toksik Ke hati dan ginjal. Studi Ke hewan telah Menunjukkan bahwa dosis sangat tinggi bisa Berpotensi Sebagai menyebabkan keracunan,” tuturnya kepada detikcom Rabu (24/7/2024).

Prof Zullies mengatakan Sebagai Kelompok yang terlanjur mengonsumsi natrium dehidroasetat Sebagai tidak khawatir Di tidak menimbulkan Tanda-Tanda khusus Ke tubuh.

Ke Pada Yang Sama, mengacu Eksperimen Ke hewan, Prof Hardin mengatakan natrium dehidroasetat bisa menyebabkan iritasi dan luka Ke saluran cerna termasuk lambung. Justru Ke penggunaan Ke level atau kadar tinggi, natrium dehidroasetat bisa memicu risiko jangka panjang termasuk gangguan Ke jantung hingga kanker.

Meski begitu, ia Menginformasikan studi bahaya pengawet natrium dehidroasetat sampai Pada ini masih relatif terbatas dan masih diuji coba Ke hewan.

“Penelitiannya masih Ke hewan. Sebab memang batasnya tipis, orang nggak mau nyobain Hingga manusia lah, Sebab itu Dari Sebab Itu dasar dugaan kajian-kajian Ke animal trial kepada zat yang Berpotensi Sebagai Ke level tertentu bisa Dari Sebab Itu berbahaya,” kata Prof Hardin.

3. Punya Risiko Jangka Panjang

Ketua Umum Pengurus Besar Perhimpunan Praktisi Medis Spesialis Gangguan Di (PB PAPDI), Dr dr Sally Aman Nasution mengatakan hampir semua pengawet Citarasa itu tidak baik Bagi tubuh. Akan Tetapi, Ke kadar tertentu memang dibutuhkan.

“Jangka panjang, rata-rata jangka panjang. Jarang yang langsung kayak racun gitu ya. Itu kan cepat gitu ya, tapi kalau ini kan tidak. Tapi dia kronik gitu, Dari Sebab Itu butuh waktu Sebagai merusak jaringan,” kata dr Sally.

NEXT: Awet hingga berbulan-bulan

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Fakta-fakta Natrium Dehidroasetat, Pengawet yang Bikin Roti Okko Ditarik BPOM