Gaduh Pro Kontra KRIS Vs Kelas 1, 2, dan 3 BPJS Kesejajaran

Jakarta

Kelas rawat inap standar (KRIS) yang semula diwacanakan sebagai pengganti kelas 1, 2, dan 3 BPJS Kesejajaran menuai banyak pro-kontra. Salah satu yang paling disorot adalah regulasi maksimum kapasitas tempat tidur Di satu ruangan, utamanya Untuk kelas 3. KRIS menetapkan maksimal empat bed pasien Di satu ruangan rawat inap.

Di Diskusi kerja bersama Komisi IX Lembaga Legis Latif RI, sejumlah penolakan dilontarkan beberapa anggota. Sentilan keras Di Irma Chaniago Fraksi Nasdem misalnya, dirinya mempertanyakan evaluasi kajian KRIS yang hingga kini diklaim belum dibahas bersama Komisi IX Lembaga Legis Latif RI. Hal ini dinilai mengkhawatirkan lantaran masih banyak keraguan Yang Berhubungan Bersama kesiapan Puskesmas, khususnya Hingga Area, Untuk memastikan KRIS tidak malah menghambat Terapi pasien Sebab pengurangan bed atau tempat tidur.

Menurut Irma, tanpa penerapan KRIS saja, tidak sedikit Kelompok Hingga Area khususnya Area masih terhambat Di akses Terapi Bersama dalih penuhnya ruangan rawat inap, meski satu ruangan rawat inap bisa mencapai 12 orang.


“Kenyataannya sekarang RS belum siap, kita ini Hingga Area kami punya dapil, kami tau persis Bersama 12 per kamar saja tidak tertampung, banyak sekali Kelompok yang tidak bisa masuk RS Sebab rawat inap, Dari Sebab Itu jangan ngegampangin,” kata dia, Jumat (6/6/2024).

Keresahan yang tidak jauh berbeda diutarakan anggota Komisi IX Lembaga Legis Latif RI Edy Wuryanto, dirinya mengingatkan Kemenkes RI Untuk berhati-hati Di penerapan Aturan KRIS. Menurutnya, ada potensi kehilangan tempat tidur hingga lebih Di 100 ribu, yang dinilai tentu berdampak Ke akses Kelompok Hingga fasilitas Kesejajaran kerja sama BPJS.

“Hitungan saya potensi kehilangan (tempat tidur Puskesmas) ada 125.000 tempat tidur. Itu yang saya anggap menurunkan akses orang ketika sakit tapi tempat tidur tidak ada,” beber Edy.

Menambah kekhawatiran tersebut, anggota Komisi IX Lembaga Legis Latif RI Di Fraksi PKS Netty Prasetiyani meyakini pengurangan bed pasien bisa menambah antrean Hingga pelayanan. Bukan tidak Mungkin Saja, penetapan KRIS disebutnya malah menimbulkan masalah Mutakhir.

Dirinya meminta jangan sampai aturan yang berlaku bertolak Dibelakang dan menyalahi amanat undang-undang Yang Berhubungan Bersama jaminan dan hak warga Bangsa Untuk Merasakan Kesejajaran.

“Jangan sampai menimbulkan masalah Mutakhir, jangan sampai Setelahnya Itu tidak memikirkan dan menggeneralisasi antrean terlalu panjang,” sorotnya.

“Boleh Dari Sebab Itu mereka terpaksa pergi Hingga RS yang nggak ada kerja sama Bersama BPJS,” ungkapnya.

Pemahaman KRIS Hingga Kelompok

Persoalan lain yang juga menjadi catatan Hingga balik KRIS disinggung Dewan Pengawas BPJS Kesejajaran, Abdul Kadir. Pria yang juga sempat menjabat Direktur Jenderal Pelayanan Kesejajaran Kemenkes RI tersebut meminta pemerintah melakukan sosialisasi secara masif Yang Berhubungan Bersama Syarat KRIS.

Pasalnya, belum banyak warga Indonesia yang benar-benar memahami perubahan dan perbedaan KRIS serta kelas 1, 2, dan 3 BPJS Kesejajaran.

“Perlu dilakukan sosialisasi secara masif kepada seluruh peserta agar mereka memahami filosofi adanya KRIS,” kata Prof Kadir, Di kesempatan serupa.

Perpres Nomor 59 Tahun 2004 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Pemimpin Negara Nomor 82 Tentang Jaminan Kesejajaran Menunjukkan penerapan iuran, tarif, hingga manfaat KRIS dilakukan antarlembaga dan kementerian Bersama hasil evaluasi selambatnya ditetapkan 1 Juli 2025.

Menurut Prof Kadir, evaluasi tersebut harus dilakukan secara menyeluruh, bukan hanya Di sisi tarif, iuran, tetapi kesiapan seluruh pihak dan dampak yang bisa terjadi Di penerapan KRIS. .

“Juga memperhatikan jumlah peserta JKN yang Lebihterus besar. Tentu kita tidak mengharapkan Bersama adanya KRIS ada peserta JKN yang tidak dapat layanan Sebab antrean yang panjang,” lanjut dia.

NEXT: Wamenkes Buka Suara

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Gaduh Pro Kontra KRIS Vs Kelas 1, 2, dan 3 BPJS Kesejajaran