Hari Sepeda Sedunia 3 Juni, Ini Manfaat Naik Sepeda Untuk Kesejaganan

Jakarta

Hari Sepeda Sedunia atau World Bicycle Day diperingati Di tanggal 3 Juni setiap tahun. Momentum ini bertujuan Untuk Mendorong penggunaan sepeda sebagai alat transportasi yang murah, sehat, dan ramah lingkungan.

Dikutip Di National Today, Hari Sepeda Sedunia ternyata sudah diperingati Sebelum 2018. Penetapan Hari Sepeda Sedunia ditentukan lewat resolusi Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (Perserikatan Bangsa-Bangsa) yang dipelopori Bersama Pemerintah Turkmenistan.

Lahirnya Hari Sepeda Sedunia berasal Di seorang sosiolog Amerika Serikat yang bernama Leszek Sibilski. Lewat tulisan Di blognya, dia mempromosikan tentang manfaat Naik Sepeda dan mempertanyakan kenapa tidak ada Hari Sepeda Sedunia.


Gagasan Sibilski Memperoleh perhatian Di berbagai kalangan. Akhirnya Di 12 April 2018, Perserikatan Bangsa-Bangsa Memperkenalkan resolusi Hari Sepeda Sedunia setiap 3 Juni yang disepakati Bersama 193 Negeri anggota Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Manfaat Naik Sepeda Untuk Kesejaganan

Selain sebagai moda transportasi yang murah meriah, Naik Sepeda juga Menyediakan banyak manfaat Untuk Kesejaganan. Aktivitasfisik ini pun bisa dilakukan Bersama berbagai kalangan, mulai Di anak-anak hingga orang usia lanjut.

Adapun beberapa manfaat yang bisa diperoleh Bersama rutin Naik Sepeda Ditengah lain:

Naik Sepeda merupakan Aktivitasfisik kardio yang dapat membantu memangkas lemak dan menjaga berat badan tetap ideal.

2. Memperkuat otot kaki

Naik Sepeda juga dapat Meningkatkan fungsi menyeluruh Di tubuh Dibagian bawah, khususnya kaki, tanpa membebani persendian.

Naik Sepeda dapat membantu mengelola kadar kolesterol Di tubuh, Supaya Meningkatkan Kesejaganan kardiovaskular serta melindungi Di risiko serangan jantung dan stroke.

4. Meningkatkan Kesejaganan otak dan mental

Naik Sepeda juga bisa menjadi salah satu cara menyenangkan Untuk menghilangkan Tekanan, depresi, dan kecemasan. Eksperimen juga Menunjukkan Naik Sepeda dapat Meningkatkan fungsi kognitif Di orang dewasa yang sudah berusia lanjut.

5. Meningkatkan Kesejaganan, postur, dan koordinasi

Postur Di Naik Sepeda dapat membantu Meningkatkan Kesejaganan dan koordinasi secara keseluruhan, termasuk gaya berjalan. Manfaat ini sangat penting Untuk orang lanjut usia yang cenderung Merasakan masalah Kesejaganan akibat pertambahan umur.

6. Membantu mencegah atau mengelola Situasi medis

Rutin beraktivitas fisik, seperti Naik Sepeda, dapat membantu mencegah atau mengatasi Situasi medis tertentu. Aktivitasfisik teratur dapat membantu mencegah Gangguan jantung, serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke.

Naik Sepeda juga dapat membantu mencegah dan mengelola diabetes tipe 2.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Hari Sepeda Sedunia 3 Juni, Ini Manfaat Naik Sepeda Untuk Kesejaganan