Bisnis  

Hukuman Politik Barat Mandul, PDB Rusia Tumbuh 5,4% Hingga Kuartal I-2024

Geliat ekonomi Rusia tak terpengaruh Di hujan Hukuman Politik ekonomi yang diberikan Barat. FOTO/Ilustrasi/Dok.

JAKARTA – Badan statistik Negeri Rusia, Rosstat Di laporan pendahuluannya menyebutkan, produk domestik bruto (PDB) Negeri itu tumbuh kuat sebesar 5,4% (year on year/yoy) Di kuartal pertama tahun 2024. Capaian itu jauh Hingga atas Perkembangan ekonomi Amerika Serikat (AS) Di kuartal I-2024 yang hanya sebesar 1,6%.

Melansir Russia Today, Minggu (19/5/2024), Rosstat Mengantisipasi Rusia Merasakan Perkembangan yang kuat Di omzet ritel (naik 10,5%), Produksi (naik 8,8%) dan konstruksi (3,5%) Di bulan Januari-Maret 2024. Data Rosstat sejalan Di Prediksi Sebelumnya Di Kementerian Perekonomian, Akan Tetapi melebihi Prediksi Bank Rusia yang Meramalkan Perkembangan 4,6% dan ekspektasi analis sebesar 5,3%.

Badan tersebut Akansegera mempublikasikan data PDB Rusia yang lebih terinci Di pertengahan Juni mendatang. Menurut Prediksi Sebelumnya Di Bank Rusia, Perkembangan PDB diperkirakan Akansegera melambat Di kuartal kedua Sebab pengetatan Situasi fiskal. Akan Tetapi, regulator Mengantisipasi permintaan konsumen dan Penanaman Modal Akansegera tetap tinggi dan terus Mendorong Perkembangan ekonomi.

Data positif ini mengemuka Hingga Ditengah terpaan bertubi-tubi Hukuman Politik Barat yang diberlakukan Sebelum dimulainya operasi militer Rusia Hingga Ukraina Di Februari 2022. Hukuman Politik tersebut berkisar Di memasukkan sebagian besar bank Rusia Hingga Di daftar hitam dan memotong sistem pesan antarbank SWIFT, hingga membekukan cadangan devisa Rusia senilai USD300 miliar.

Dampaknya, PDB Rusia Merasakan penurunan Di tahun 2022, terkontraksi 1,2%. Akan Tetapi data tahun 2023 Menunjukkan perekonomian Negeri itu pulih dan mencatatkan Perkembangan sebesar 3,6%. Banyak analis yang mengaitkan kinerja ini Di poros perdagangan Rusia Hingga Timur, dan Aturan ekonomi yang diterapkan Bagi mengimbangi dampak pembatasan.

Di bulan April, Dana Moneter Internasional (IMF) Mengantisipasi ekonomi Rusia Akansegera tumbuh lebih cepat dibandingkan semua Negeri maju Di tahun 2024. PDB diperkirakan Akansegera Meresahkan sebesar 3,2%, melebihi tingkat Perkembangan yang diharapkan Hingga AS (2,7%), Inggris (0,5%), Jerman (0,2%) dan Perancis (0,7%).

Pembantu Pemimpin Negara Keuangan Rusia Anton Siluanov Sebelumnya Mengantisipasi Perkembangan PDB Di tahun 2024 Akansegera sama Di tahun lalu, Sambil Bank Rusia lebih berhati-hati Di prediksinya, Mengantisipasi Perkembangan sebesar 2,5-3,5%.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: Hukuman Politik Barat Mandul, PDB Rusia Tumbuh 5,4% Hingga Kuartal I-2024