Ikut Berlarilah Ke Pocari Sweat Run 2024? Yuk Perhatikan Gizi dan Hidrasimu


Jakarta

Sudah siap ikut Berlarilah Ke Pocari Sweat Run Indonesia 2024? Pasti para pencinta Berlarilah atau runners sudah bersiap mulai Di Pelatihan fisik dan stamina yang teratur sampai Di memilih Sandalku Berlarilah yang nyaman.

Eits, masih ada satu hal yang tidak kalah penting, yaitu asupan Gizi dan hidrasimu! Sebab kebutuhan seorang pelari bukan hanya fisik yang kuat dan kemampuanya menempuh jarak jauh tapi juga asupan Gizi dan hidrasi yang cukup.

Pemenuhan Gizi dan hidrasi ini sangat penting Untuk runners yang memerlukan energi besar Untuk berlari. Berbagai manfaat Gizi yang tepat Ke Latihan Berlarilah adalah Untuk memenuhi kebutuhan energi dan bahan bakar Sebelumnya dan Pada berlari, Meningkatkan Prestasi Latihan, mempertahankan dan Meningkatkan massa otot, serta membantu proses Penyembuhan Sesudah berlari.

“Ke dasarnya kita membutuhkan Gizi yang lengkap dan juga seimbang Untuk persiapan Latihan, yakni Di makronutrien dan mikronutrien. Makronutrien itu Di lain, ada karbohidrat, lemak dan protein,” jelas Spesialis Gizi Klinik Ke Mayapada Hospital Tangerang dr Mulianah Daya, MGizi, SpGK, AIFO(K).


“Sedangkan, mikronutrien berupa vitamin dan mineral yang bisa didapatkan Di Makanan sayur-sayuran dan buah-buahan. Jika ini terpenuhi, pelari biasanya tidak sulit Untuk recovery Sesudah Berlarilah jarak jauh,” sambungnya.

Ada beberapa makronutrien yang diperlukan Dari runners, pertama, karbohidrat yang merupakan sumber energi utama dan paling efisien Pada Aktivitasfisik. Justru runners bisa melakukan carbo loading beberapa hari Sebelumnya perlombaan.

Carbo loading ini diperlukan Untuk Meningkatkan cadangan glikogen, menstabilkan kadar gula darah, mencegah kelelahan dini, dan Meningkatkan konsentrasi Agar dapat membantu memaksimalkan endurance Pada berlari.

“Biasanya, carbo loading dilakukan 2-3 hari Sebelumnya perlombaan. Runners secara bertahap dapat Meningkatkan asupan karbohidrat hingga mencapai 60-70% Di total kalori harian Tetapi juga tetap memperhatikan kecukupan protein dan lemak baik,” tutur dr Mulianah.

“Makanan dan minuman tinggi karbohidrat Di lain nasi, pasta, kentang, roti gandum, buah-buahan, sayuran,” lanjutnya.

Kedua, protein yang berguna Untuk mempertahankan dan Meningkatkan massa otot Pada Aktivitasfisik. Untuk memenuhi kebutuhan protein, dapat mengonsumsi Makanan seperti daging, ikan, telur, susu rendah lemak, tahu, tempe, dan kacang.

Ketiga, lemak, yang dibutuhkan Ke Pada Aktivitasfisik Tetapi jenis lemak yang dibutuhkan adalah jenis lemak baik dan bukan lemak jenuh atau jenis kolesterol yang dapat justru dapat menghambat Prestasi dan Meningkatkan stress oksidatif Agar dapat menghambat Prestasi Latihan.

Lalu menurut dr Mulianah, pemenuhan Gizi Sebelumnya Aktivitasfisik sebaiknya memperhatikan waktu Untuk persiapan.

“Ke 3-4 jam Sebelumnya berlari sebaiknya mengonsumsi Makanan tinggi karbohidrat kompleks dan protein Untuk menyediakan energi yang Konsisten lama, seperti nasi merah Di ayam panggang atau oatmeal Di susu rendah lemak. Ke 30 menit-1 jam Sebelumnya berlari hindari Makanan tinggi serat yang dapat mengganggu pencernaan Pada berlari,” imbuh dr Muliana.

“Runners dapat mengonsumsi camilan ringan yang mudah dicerna, seperti pisang, yoghurt, roti Di selai, atau smoothies buah,” tambahnya.

Lanjutnya, kebutuhan mikronutrien dapat diperoleh Di vitamin dan mineral yang bermanfaat Menyediakan antioksidan sebagai penangkal radikal bebas yang muncul Ke Pada Aktivitasfisik khususnya Latihan intensitas berat. Vitamin dan mineral ini bersumber Di sayur dan buah-buahan.

Untuk Merencanakan diri dan memenuhi kebutuhan Gizi Untuk berlari , dr Mulianah menyarankan Untuk melakukan konsultasi Di Detail Di Praktisi Medis spesialis gizi klinik (SpGK) atau Praktisi Medis spesialis kedokteran Latihan (SpKO) Untuk memandu persiapan fisik dan asupan Gizi yang menunjang Karya berlari. Konsultasi ini dapat diperoleh Lewat layanan unggul Sports Injury Treatment and Performance Center (SITPEC) Ke Mayapada Hospital.

SITPEC merupakan layanan komprehensif dan terintegrasi Yang Terkait Di Latihan dan Kondisifisik, yang didukung Dari Skuat Praktisi Medis mulai Di Praktisi Medis spesialis Kedokteran Latihan, Praktisi Medis Spesialis Orthopedi dan Traumatologi, Praktisi Medis Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, Praktisi Medis Spesialis Gizi Klinik, juga Praktisi Medis Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Untuk Merasakan rekomendasi Latihan yang baik Untuk jantung, serta Fisioterapis Latihan jika Anda Untuk proses Penyembuhan pasca Luka Latihan.

Lanjutnya, Spesialis Gizi Klinik Ke Mayapada Hospital Jakarta Selatan dr Yushila Meyrina, MSi, SpGK, turut memaparkan kebutuhan lainnya yang tak kalah penting, yakni kebutuhan hidrasi. Terpenuhinya kebutuhan hidrasi dapat menghindari dehidrasi Pada berlari, mencegah kram otot, Meningkatkan metabolisme, dan menjaga stamina Pada Aktivitasfisik.

“Sedangkan Untuk kebutuhan hidrasi, ada baiknya mengonsumsi cairan sebanyak 150-250 mililiter (ml) setiap 30 menit Aktivitasfisik. Bisa juga ditambah Di minuman isotonik atau berkarbohidrat sebesar 30-60 gram Ke Latihan Di durasi panjang lebih Di 60 menit,” jelas dr Yushila.

“Perlu diingat juga, bahwa Sesudah Aktivitasfisik pun diperlukan kebutuhan hidrasi Untuk menghindari dehidrasi. Idealnya konsumsi cairan pengganti sebesar 450-500 ml setiap 0,5 kilogram (kg) berat badan yang turun Untuk waktu 2 jam Sesudah melakukan Latihan,” imbuhnya.

Sebagai official hospital partner Untuk Pocari Sweat Run Indonesia 2024, Mayapada Hospital bersama Pocari Sweat Berusaha Untuk Meningkatkan kesadaran para runner Untuk mengetahui kesiapan dan Situasi mereka masing-masing, Di menyediakan Self Health Assessment, yaitu formulir asesmen mandiri Di beberapa pertanyaan seputar Situasi dan riwayat Kesejajaran. Asesmen mandiri ini perlu diisi para runner yang Akansegera mengikuti offline event Untuk dapat mengetahui dan menilai kesiapan mereka Sebelumnya ikut serta Untuk ajang Pocari Sweat Run Indonesia 2024.

Mayapada Hospital juga Menyediakan Dukungan menyeluruh kepada para runners Di menyediakan paket Medical Check Up (MCU) Runner yang dapat dilakukan Ke seluruh unit Mayapada Hospital, serta fasilitas pemeriksaan rekam jantung (EKG) secara gratis khusus Ke unit Mayapada Hospital Bandung.

Untuk mengawal Kesejajaran para peserta Pada Kegiatan berlangsung, Mayapada Hospital Akansegera siap siaga menyediakan fasilitas ambulans, Skuat Praktisi Medis spesialis dan Praktisi Medis umum, perawat lengkap beserta fisioterapis Latihan, serta tenda ICU Untuk penanganan Peristiwa Pidana Hukum kegawatdaruratan Di cepat dan tepat.

Kemeriahan Pocari Sweat Run Indonesia 2024, juga Akansegera diwarnai Di aktivasi Memikat seperti EKG, vision check, serta games yang Akansegera ada Ke booth Mayapada Hospital Pada Race Pack Collection Ke tanggal 18-20 Juli 2024 dan Pada Kegiatan berlangsung Ke tanggal 20-21 Juli 2024. Karena Itu, pastikan kamu siap ikut Ke Kegiatan Pocari Sweat Run Indonesia 2024 ini ya!

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Ikut Berlarilah Ke Pocari Sweat Run 2024? Yuk Perhatikan Gizi dan Hidrasimu