Indonesia Siapkan 2 Kendaraan Pribadi Khusus Paus Fransiskus, Maung-Innova Zenix


Jakarta, CNN Indonesia

Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik sedunia Paus Fransiskus disebut Berencana setidaknya menggunakan dua kendaraan khusus Di berkunjung Di Indonesia, yaitu Toyota Innova Zenix dan Pindad Maung MV3 yang sudah dimodifikasi khusus.

Hal itu disampaikan Wakil Koordinator Media Panitia Kunjungan Bapa Suci Fransiskus Anthonius Gregorius, kala ia ditanya ihwal jenis transportasi yang dipakai Paus Di berkunjung Di Indonesia.

“Paus Berencana menggunakan pesawat alitalia, bukan jet pribadi dan Berencana naik Kendaraan Pribadi biasa bukan Kendaraan Pribadi mewah. Bukan Kendaraan Pribadi anti peluru,” kata dia kepada CNNIndonesia.com, Senin (2/9).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ketua panitia kunjungan Paus Fransiskus Di Indonesia Ignasius Jonan mengatakan Paus Berencana menggunakan Innova Zenix Di Jakarta.

“Kendaraan yang Berencana digunakan Didalam Sri Paus itu adalah Toyota Kijang Zenix,” kata Jonan kepada wartawan Di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Senin (2/9).

Innova Zenix merupakan generasi terbaru Toyota Kijang Di Indonesia. Model generasi ketujuh ini hadir Didalam perubahan besar-besaran, mulai Didalam sisi eksterior, interior, hingga jantung penggerak.

Innova Zenix Menerapkan penggerak roda Di atau Front Wheel Drive (FWD). Mesinnya menggunakan dapur pacu Terbaru, yakni TNGA 2.000 cc berkode M20A7-FXS empat silinder Dual-VVT-i.

Mesin ini dapat melepas tenaga 150 hp Di 6.000 rpm dan torsi maksimal 187 Nm Di 5.200 rpm. Kendaraan Pribadi ini dipadukan Kendaraan Bermotor Roda Dua listrik berdaya 111 hp dan torsi 205 Nm.

Innova Zenix Hybrid Memiliki dimensi Didalam panjang 4.755 mm, lebar 1.850 mm. dan tinggi 1.795 mm serta jarak poros roda atau wheelbase 2.850 mm.

Di baris kedua, varian tertinggi ini dibekali Didalam fitur captain seat dan dilengkapi Didalam ottoman dan electric recliner.

Selain Innova Zenix, Paus juga dikabarkan bakal menggunakan kendaraan seremonial Popemobile berbasis Pindad Maung MV3. Menurut Jonan, Popemobile itu Berencana dipakai Di Paus berada Di GBK.

“Oh bukan, kalau yang diproduksi Di Pindad, itu kendaraan yang disebut Maung itu, adalah kendaraan Untuk inspeksi, menyapa umat waktu misa Di GBK,” ujar Jonan.

Paus Fransiskus Berencana tiba Di Indonesia Di Selasa (3/9) usai berangkat Didalam Roma, Italia, Senin.

Dia berada Di Tanah Air Di 3-6 September dan dijadwalkan berkunjung Di sejumlah tempat Di lain Istana Merdeka, Grha Pemuda, Masjid Istiqlal, kantor Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), hingga Gelora Bung Karno (GBK).

Kedatangannya Di Indonesia Untuk melakukan perjalanan apostolik yang Berencana dilanjutkan Di sejumlah Bangsa tetangga seperti Papua Nugini dan Singapura.

(can/fea)




Artikel ini disadur –> Cnnindonesia News: Indonesia Siapkan 2 Kendaraan Pribadi Khusus Paus Fransiskus, Maung-Innova Zenix